Studi Pengendalian Banjir Di Sungai Sebangkau Hilir, Kecamatan Tebas, Kalimantan Barat Dengan Aplikasi HEC-RAS

Ramadhany, WennyAyu (2012) Studi Pengendalian Banjir Di Sungai Sebangkau Hilir, Kecamatan Tebas, Kalimantan Barat Dengan Aplikasi HEC-RAS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi pada Sungai Sebangkau adalah banjir. Dimana hampir setiap tahun terjadi banjir yang menggenangi daerah pemukiman, persawahan dan perkebunan yang ada di sepanjang alur sungai. Banjir juga mengganggu kegiatan masyarakat di segala sektor karena mengakibatkan kerusakan pada prasarana umum jalan atau jembatan poros penghubung antar kecamatan yang melalui pinggir sungai serta fasilitas lainnya. Ketinggian air banjir rata-rata 1 m sampai dengan 3 m dari lantai rumah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapasitas Sungai Sebangkau pada kondisi eksisting tidak mampu menampung Q25th sehingga menjadi penyebab banjir. Upaya penanggulangan banjir direncanakan menggunakan perbaikan penampang sungai atau normalisasi dan pembuatan tanggul. Analisa profil aliran dilakukan dengan menggunakan paket program HEC-RAS Version 4.1.0. Upaya penanggulangan banjir yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi banjir tahunan tetapi direncanakan pula untuk mengatasi banjir yang terjadi dengan kala ulang 25 tahun sesuai dengan standar kriteria perencanaan perbaikan sungai. Pembuatan tanggul sungai direncanakan apabila setelah adanya pelebaran penampang sungai masih ada air sungai yang meluap pada Q25th. Untuk mengetahui apakah dimensi tanggul yang direncanakan aman, maka diperlukan suatu perhitungan kestabilan lereng. Dalam kajian ini perhitungan stabilitas lereng tanggul menggunakan metode Fellenius dan program Geoslope Student Version. Dengan adanya upaya penanggulangan banjir berupa pembuatan tanggul setinggi (hair + tinggi jagaan), kemiringan lereng 1 : 2, maka dari hasil running program HEC-RAS Version 4.1.0 dapat diketahui Sungai Sebangkau mampu menampung debit banjir dengan kala ulang 25 tahun sebesar 1384.238 m3/dt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/526/051204727
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2012 14:43
Last Modified: 20 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141679
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR-ABSTRAK-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR-ABSTRAK-DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_WORD.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_WORD.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item