Uji Karakterisasi Gaya Dorong Propeler Untuk Pesawat Model

Ramadhan, RizkiFauzi (2012) Uji Karakterisasi Gaya Dorong Propeler Untuk Pesawat Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama ini pengujian gaya dorong propeller masih menggunakan timbangan digital maupun pegas. Masih belum tersedianya alat yang dapat membantu para penghobi untuk mengetahui karakteristik propeller dari sebuah pesawat model . Skripsi ini mengusulkan pengujian karakterisasi propeller pesawat model dengan menggunakan modul Arduino 328. Sebagai pengendali utama adalah kontroler P yang digunakan untuk pengendali kecepatan motor BLDC pemutar propeller. Pengujian pada uji karakterisasi gaya dorong propeller dilakukan dengan mengatur kecepatan putaran motor dengan menentukan nilai setpoint yang berbeda-beda. Sensor rotary encoder digunakan untuk membaca putaran motor yang selanjutnya diumpan balikkan untuk koreksi kesalahan. Sensor loadcell digunakan untuk membaca gaya dorong propeller lalu ditampilkan pada display LCD. Hasil pengujian dan analisis data hitung dan data percobaan menggunakan uji T, menunjukan tingkat keyakinan sebesar 80% untuk propeller dengan diameter 10” x 4,7” dan 99% untuk propeller dengan diameter 12” x 4,7” bahwa semakin besar kecepatan motor maka gaya dorongpun semakin besar dan besar dimensi propeller berpengaruh pada besarnya gaya dorong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/493/051204515
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:43
Last Modified: 20 Oct 2021 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141645
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_RIZKI_FAUZI_RAMADHAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_RIZKI_FAUZI_RAMADHAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item