Identifikasi Kombinasi Pola Isyarat Tangan Untuk Menjalankan Perintah Pada Sebuah Aplikasi Komputer

Setyawan, Qudsi (2012) Identifikasi Kombinasi Pola Isyarat Tangan Untuk Menjalankan Perintah Pada Sebuah Aplikasi Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tangan adalah organ utama untuk memanipulasi lingkungan fisik, digunakan untuk keterampilan motorik kasar (seperti menggenggam sebuah objek besar) dan keterampilan motorik halus (seperti mengambil kerikil kecil). Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa pola tangan bisa dipakai sebagai sumber data. Pada suatu pola tangan dapat membentuk suatu tanda atau kode sehingga dapat dijadikan sebagai kode. Karena setiap jenis pola tangan memiliki karakteristik yang berbeda. Pada skripsi ini dibuat suatu program aplikasi yang dapat mengenali pola isyarat tangan sebagai kode perintah yang dapat digunakan untuk pengendali suatu alat menggunakan media webcam. Pada studi kasus ini digunakan pola tangan dengan pola lebih dari satu sebagai objek identifikasi. Dengan demikian dapat digunakan sebagai alternatif berupa kode kombinasi isyarat tangan untuk menjalankan perintah sebuah aplikasi. Pada penelitian ini menggunakan integral proyeksi sebagai nilai fitur yang dipakai oleh Jaringan Syaraf Tiruan Learning Vector Quantization (LVQ) yang memiliki kemampuan untuk melatih pola-pola sebagai nilai masukan untuk data yang dilatih dengan demikian dapat dikembangkan aplikasi untuk mengidentifikasi pola isyarat tangan. Hasil dari proses aplikasi ini adalah informasi objek berupa hasil dari kombinasi yang diinginkan. Dari semua citra objek yang diujikan diperoleh prosentase keberhasilan dalam mengidentifikasi yang berbeda-beda tergantung pada proses pelatihan yang dilakukan. Prosentase keberhasilan tertinggi sebesar 80% menggunakan pelatihan dengan Epoh 30, Learning Rate 0,6, dan Decreasing Learning Rate 0,1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/484/051204506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2012 13:55
Last Modified: 20 Oct 2021 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141635
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item