Studi Penentuan Status Mutu Air Di Sungai Surabaya Untuk Keperluan Bahan Baku Air Minum

PriyonoThesaSeptineCitri (2012) Studi Penentuan Status Mutu Air Di Sungai Surabaya Untuk Keperluan Bahan Baku Air Minum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sungai Surabaya merupakan bahan baku air minum dan salah satu sumber bagi penyediaan air PDAM Surabaya. Selama sepuluh tahun terakhir pencemaran di Sungai Surabaya semakin memburuk. Pencemaran tidak hanya berasal dari limbah domestik tetapi juga berasal dari industri yang ada di sekitar Sungai Surabaya. Dari kajian kementrian Negara Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa daya tampung beban pencemaran Sungai Surabaya sebesar 35 ton/hari namun faktanya beban pencemaran di Sungai Surabaya sebesar 75 ton/hari. Hal ini menyebabkan kualitas mutu air yang akan digunakan untuk bahan baku air minum menjadi buruk. Selain itu juga dengan tingginya tingkat pencemaran maka akan mengancam kelangsungan hidup biota sungai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Status mutu air di Waduk Sutami ditinjau dari peruntukannya. Penentuan status mutu air di Sungai Surabaya dilakukan pada stasiun monitoring terdekat dengan IPAL PDAM Karangpilang, yaitu Stasiun Monitoring Cangkir Tambangan, Stasiun Monitoring Bambe Tambangan dan Stasiun Monitoring Karangpilang. Metode yang digunakan untuk Penentuan Status mutu air ini adalah metode STORET dan Metode Indeks Pencemaran. Analisis Penentuan Status mutu Air ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemaran pada stasiun monitoring terdekat. Setelah diketahui status mutu airnya, kemudian dianalisis trend dari masing-masng metode untuk mengetahui status mutu air selama lima tahun terakhir ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, Status mutu air di Sungai Surabaya menurut metode STORET 49,44% adalah tercemar berat untuk peruntukkan kelas dua. Sedangkan status mutu air di Sungai Surabaya menurut metode Indeks pencemaran 100% adalah tercemar sedang untuk peruntukkan kelas dua. Hal ini tidak sesuai untuk peruntukan kelas dua sesuai baku mutu air PP RI No. 82 Tahun 2001. Analiasa dari parameter yang mencemari Sungai Surabaya diperoleh kesimpulan bahwa fenol merupakan indikator pencemaran terbesar di Sungai Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/479/051204501
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2012 09:34
Last Modified: 20 Oct 2021 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141631
[thumbnail of Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_thesa.pdf]
Preview
Text
BAB_I_thesa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_thesa.pdf]
Preview
Text
BAB_II_thesa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_thesa.pdf]
Preview
Text
BAB_III_thesa.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_thesa.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_thesa.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_thesa.pdf]
Preview
Text
BAB_V_thesa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item