Enhancement Citra Sidik Jari Menggunakan Metode Gabor Filter

Astriawanti, Riesta (2012) Enhancement Citra Sidik Jari Menggunakan Metode Gabor Filter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem identifikasi pada sidik jari manusia mulai banyak digunakan. Untuk menemukan titik ciri dari sidik jari seseorang maka harus dilakukan proses ekstraksi titik ciri yang dapat membedakan antara satu citra sidik jari dengan citra sidik jari yang lain. Namun terkadang citra yang di ambil masih memiliki kualitas yang kurang baik sehingga harus dilakukan enhancement pada citra input sidik jari untuk dapat menemukan titik ciri yang benar. Kualitas sidik jari memberikan pengaruh penting terhadap proses ektraksi titik ciri agar dapat dilakukan proses identifikasi dengan hasil yang benar. Gabor filter merupakan salah satu teknik filterisasi untuk menghilangkan noise pada citra sidik jari menggunakan parameter frekuensi dan orientasi yang terdapat pada sidik jari. Aplikasi ini mampu memperbaiki citra sidik jari pada orientasi sudut 0^°,〖45〗^°,〖90〗^°,〖dan 135〗^° dimana setelah dilakukan proses gabor filter akan terbentuk 4 citra baru hasil filterisasi, kemudian dilakukan operasi aritmatika untuk mendapatkan 1 citra akhir yang selanjutnya dapat diekstraksi titik cirri untuk proses identifikasi. Kondisi ridge, valley, dan background pada citra sangat mempengaruhi keberhasilan aplikasi agar proses filterisasi dapat mempertegas garis ridge dan menghilangkan background pada citra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/473/051202861
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:37
Last Modified: 20 Oct 2021 08:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141626
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item