Implementasi Algoritma Genetika Untuk Menyusun Jadwal Mata Pelajaran

Santosa, ArifAgung (2012) Implementasi Algoritma Genetika Untuk Menyusun Jadwal Mata Pelajaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, penjadwalan mata pelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah. Penjadwalan mata pelajaran yang baik akan mendukung kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Penyusunan jadwal mata pelajaran pada SMAN 1 Srengat harus sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah di tentukan, antara lain tidak boleh ada bentrok mengajar guru, jam mengajar mata pelajaran olahraga harus pagi, guru diharapkan tidak mengajar lebih dari 6 jam dalam sehari, serta mata pelajaran eksak diharapkan terletak pada jam pagi. Untuk mengatasi permasalahan penjadwalan pada SMA Negeri 1 Srengat dapat digunakan Algoritma Genetika. Algoritma Genetika merupakan suatu pendekatan untuk mendapatkan solusi yang optimal berdasarkan teori evolusi. Pada penjadwalan mata pelajaran, algoritma genetika digunakan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang terjadi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Pengujian dengan jumlah kelas sebanyak 23 kelas dan jumlah generasi sebanyak 10 generasi, terdapat kenaikan nilai fitness pada tiap generasi meskipun pada generasi terakhir masih terdapat sejumlah pelanggaran, sedangkan pengujian dengan jumlah kelas sebanyak 4 kelas dan jumlah generasi sebanyak 30 generasi, terjadi kenaikan nilai fitness pada tiap generasi dengan jumlah bentrok 1, jumlah jam mata pelajaran olahraga diatas jam keempat sebanyak 1, jumlah jam mata pelajaran matematika diatas jam keempat sebanyak 4, jumlah jam mata pelajaran fisika diatasjam keempat sebanyak 2, dan jumlah jam mengajar guru lebih dari 6 jam sehari sebanyak 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/423/051202863
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:30
Last Modified: 20 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141577
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item