Kinerja Instalasi Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Di Kelurahan Tlogomas Kota Malang

Wahyuningtyas, MeriskaPutri (2012) Kinerja Instalasi Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, pencemaran domestik merupakan jumlah pencemar terbesar (85%) yang masuk ke badan sungai, dengan demikian diperlukan suatu sistem pengolahan limbah yang terpadu yang meliputi berbagai proses. Suatu sistem pengolahan air limbah rumah tangga di Kelurahan Tlogomas RT 03 RW 07 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah tersedia menggunakan sistem aliran gravitasi yang saat ini sudah melayani sebanyak kurang lebih 68 sambungan rumah. Untuk mengetahui kinerja instalasi pengolahan air limbah di Kelurahan Tlogomas dalam mengelola limbah rumah tangga, maka perlu diadakan penelitian tentang kinerja instalasi pengolahan air limbah di Kelurahan Tlogomas. Dalam laporan ini akan diteliti kualitas air sebelum dan sesudah memasuki instalasi pengolahan air limbah, kinerja instalasi pengolahan air limbah, yang dibatasi pada parameter-parameter Ammonia (NH3), Deterjen (linear alkyl sulfonate), serta minyak dan lemak. Dari Hasil penelitian didapatkan bahwa IPAL mampu menurunkan kadar parameter lemak dan minyak hingga memenuhi baku mutu, dengan penurunan kadar berkisar antara 21,875 sampai dengan 84,756 %. Sedangkan untuk kadar parameter NH3 terjadi penurunan kadar 62,507 sampai dengan 71,581 % dan deterjen 17,639 sampai dengan 41,667 % di mana keduanya belum memenuhi baku mutu. Upaya teknis yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada IPAL tlogomas, agar kadar parameter NH3 dan deterjen memenuhi baku mutu, antara lain dengan menambahkan bak klorinasi untuk mengurangi kadar parameter NH3 dan tabung karbon aktif untuk mengurangi kadar parameter deterjen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/416/051202841
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2012 09:05
Last Modified: 20 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141569
[thumbnail of Lembar_Pesesahan_Usulan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pesesahan_Usulan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item