Perancangan Aplikasi Proyeksi Objek 3 Dimensi Terhadap Bidang Proyeksi 2 Dimensi

Adena, MuhammadNurLanta (2012) Perancangan Aplikasi Proyeksi Objek 3 Dimensi Terhadap Bidang Proyeksi 2 Dimensi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proyeksi adalah cara untuk menampilkan atau menyajikan suatu objek 3D ke dalam suatu bidang 2D. Beberapa contoh bidang 2D adalah kertas dan monitor. Terdapat dua jenis metode proyeksi yang sering digunakan, yaitu Proyeksi Paralel (paralel projection) dan Proyeksi Perspektif (perspective projection). Skripsi ini membahas mengenai proyeksi objek yang terletak pada ruang 3 dimensi terhadap bidang proyeksi yaitu bidang 2 dimensi dan proyeksi yang digunakan adalah proyeksi paralel yaitu paralel oblique. Sistem ini bekerja dengan cara memproyeksikan titik-titik yang telah ditentukan pada koordinat 3 dimensi pada bidang proyeksi 2 dimensi yang berupa screen atau monitor. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis sistem, perangkat lunak ini berhasil menjalankan semua fungsinya dengan benar pada kondisi-kondisi dimana permukaan objek yang digunakan adalah bidang datar. Proyeksi paralel oblique menghasilkan proyeksi objek 3 dimensi yang dapat dilihat ketiga bagiannya yaitu bagian atas, depan, dan samping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/408/051202833
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2012 09:07
Last Modified: 20 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141562
[thumbnail of Makalah_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item