Akar Masalah Yang Melatarbelakangi Pemilihan Profesi Sebagai Pengemis Berbasis Partisipatif, Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Pramesty, WidyaAmelia (2012) Akar Masalah Yang Melatarbelakangi Pemilihan Profesi Sebagai Pengemis Berbasis Partisipatif, Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Profesi pengemis merupakan profesi yang kurang layak. Di Kabupaten Sumenep Madura terdapat sebuah desa yang dijuluki desa pengemis. Umumnya penduduk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengemis. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus mengetahui penyebab masyarakat banyak yang berprofesi sebagai pengemis serta kebutuhan masyarakat yang belum terakomodir. Aspirasi serta kebutuhan masyarakat merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan partisipatif, sehingga kebutuhan masyarakat dapat lebih terakomodir. Serta untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai kondisi-kondisi wilayah yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik desa serta dan untuk mengetahui akar masalah yang melatarbelakangi penduduk berprofesi sebagai pengemis. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Melalui partisipasi masyarakat dengan menggunakan metode participatory rural appraisal (PRA) yang didalamnya terdapat focus group discussion (FGD) akan diperoleh info mengenai akar masalah yang melatar belakangi penduduk berprofesi sebagai pengemis secara mendalam. Budaya mengemis yang turun temurun merupakan masalah utama dalam masyarakat di desa ini. Dibalik budaya tersebut tentunya terdapat akar masalah yang menyebabkan penduduk berprofesi sebagai pengemis, yang dapat dibedakan menjadi dua yaitu masalah internal dan masalah eksternal. Masalah-masalah internal, terdiri dari: 1)Penghasilan lebih menjanjikan; 2)Rendahnya inisiatif masyarakat dalam pengadaan pasar secara mandiri; 3)Kondisi topografi berbukit; 4)Rendahnya kesadaran untuk bersekolah; 5)Kurangnya manajemen belajar mengajar; 6)Lahan tidak subur; 7)Terbatasnya sumber daya air; dan 8)Tidak adanya sistem irigasi. Adapun masalah eskternal atau masalah yang muncul dari luar Desa Pragaan Daya, adalah: 1)Kurangnya perhatian pemerintah; 2)Tidak ada penyuluhan pertanian; dan 3)Biaya pendidikan yang mahal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/400/051202710
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Nov 2012 14:10
Last Modified: 20 Oct 2021 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141559
[thumbnail of 1._COVER_JILID.pdf]
Preview
Text
1._COVER_JILID.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._LEMBAR_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
3._LEMBAR_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
4._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_I.pdf]
Preview
Text
7._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_II.pdf]
Preview
Text
8._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10._BAB_IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_V.pdf]
Preview
Text
11._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item