Analisis Pengaruh Harmonisa Terhadap Penurunan Kapasitas Transformator 3 Fasa Pt Ajinomoto Mojokerto Factory

Jayanti, IdiaTri (2012) Analisis Pengaruh Harmonisa Terhadap Penurunan Kapasitas Transformator 3 Fasa Pt Ajinomoto Mojokerto Factory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelancaran proses produksi di suatu perusahaan industri didukung dengan aspek kelistrikan yang handal. Tenaga listrik digunakan untuk menjalankan berbagai peralatan yang mana peralatan tersebut dapat berpengaruh terhadap sistem ketenagalistrikan. Peralatan yang merupakan beban non linier menyebabkan munculnya harmonisa yang dapat mempengaruhi transformator. Harmonisa pada transformator dapat meningkatkan rugi tembaga dan rugi besi serta penurunan kapasitas transformator. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis yang memberikan hasil seberapa besar pengaruh dari harmonisa terhadap Transformator 3 fasa di PT.Ajinomoto. Hasil analisis perhitungan untuk pengaruh harmonisa terhadap kenaikan rugi-rugi transformator dan penurunan kapasitas transformator menunjukan semakin besar nilai THD arus maka semakin besar pula nilai rugi-rugi transformator serta penurunan kapasitas transformatornya juga semakin besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/393/051202827
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2012 14:18
Last Modified: 22 Nov 2012 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141550
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item