Perancangan Model Kompensator Dan Plant Pada Sistem Kendali Konvensional Menggunakan Komputer Analog

Adiyatma, Agung (2012) Perancangan Model Kompensator Dan Plant Pada Sistem Kendali Konvensional Menggunakan Komputer Analog. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komputer analog merupakan salah satu alat yang berguna dalam perancangan dan analisis sistem linier maupun tak linier. Perancangan model fungsi alih bisa dilakukan dengan menggunakan komputer analog. Dengan membuat rangkaian komputer analog dari suatu sistem, berupa rangkaian elektronik, dapat digunakan untuk mewakili model suatu sistem fisis sehingga dapat dilakukan analisis atau desain dari sistem sebenarnya secara kontinyu. Komponen utama perancangan adalah penguat operasional (op-amp) dan komponen elektronika menghasilkan fungsi alih yang merupakan representasi model sistem orde satu, orde dua dan kompensator orde 1. Model sistem orde satu dan orde dua diberikan masukan fungsi tangga dan diamati performansi yang dihasilkan. Selanjutnya teknik kompensasi sistem menggunakan kompensator orde 1 untuk mengkompensasi sistem agar berperilaku sesuai dengan yang diinginkan. Kompensator orde 1 difungsikan sebagai kompensator lead maupun kompensator lag sedangkan plant yang dikompensasi berupa sistem orde 1 dan orde 2. Plant yang dikompensasi menggunakan kompensator lead yaitu modul sistem orde dua yang memiliki fungsi alih G 7,143 s2 p  , Sedangkan Plant yang dikompensasi menggunakan kompensator fasa lag yaitu modul sistem orde satu yang memiliki fungsi alih G  0,667 (2s 1) p .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/343/051202778
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2012 09:53
Last Modified: 20 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141500
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item