Pengaruh Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu terhadap ITP Ruas Jalan, Kadar CO, dan Kebisingan (Studi Kasus Jalan Ijen, Jalan Kawi, dan Jalan Bromo Malang)

Saputra, Ariftya (2012) Pengaruh Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu terhadap ITP Ruas Jalan, Kadar CO, dan Kebisingan (Studi Kasus Jalan Ijen, Jalan Kawi, dan Jalan Bromo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan kendaraan yang pesat di Kota Malang mendesak Pemerintah Kota Malang untuk mengadakan suatu kegiatan yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap polusi. Salah satu program yang diselenggarakan adalah Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor. Even ini diselenggarakan setiap hari minggu di Jalan Ijen mulai pukul 05.00 WIB sampai 09.30 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan Pasar Wisata Tugu yang sudah lebih dahulu rutin dilaksanakan di Jalan Semeru. Dengan ditutupnya dua ruas jalan ini tentu berdampak pada penumpukan kendaraan di ruas jalan terdekat. Sedangkan dari sisi polusi udara dan kebisingan akan terjadi perbedaan kualitas udara dan kebisingan pada saat diselenggarakan kegiatan tersebut dan pada saat tidak diselenggarakan kegiatan tersebut. Metode analisis untuk mengetahui perubahan tingkat pelayanan ruas jalan akibat adanya kegiatan Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu dilakukan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Sedangkan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kegiatan Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu terhadap kadar CO dan kebisingan, digunakan metode regresi dan korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja ruas Jalan Kawi dan Jalan Bromo mengalami penurunan tingkat pelayanan yang signifikan pada saat diselenggarakannya kegiatan Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu jika dibandingkan dengan hari kerja dan hari libur tanpa ada kegiatan Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu. Hal ini mengacu pada hasil analisis eksisting ruas Jalan Kawi dan Jalan Bromo terdapat penurunan tingkat pelayanan dari B (Jalan Kawi arah B-T) dan C (Jalan Bromo Utara) pada hari selain Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu menjadi C (Jalan Kawi arah B-T) dan D (Jalan Bromo Utara) saat adanya kegiatan Car Free Day dan Pasar Wisata Tugu. Penurunan tingkat pelayanan jalan ini disebabkan oleh ditutupnya ruas Jalan Ijen dan Semeru mengakibatkan terjadinya pengalihan kendaraan menuju ruas Jalan Kawi dan Jalan Bromo.. Hasil analisis terhadap kadar CO dan tingkat kebisingan juga terdapat perubahan yang signifikan. Kadar CO mengalami peningkatan yaitu mencapai 14,92 ppm pada Jalan Bromo. Sedangkan kadar CO pada udara ambient atau saat udara normal tanpa ada kendaraan bermotor adalah 0 ppm. Tingkat kebisingan mencapai 84,02 dB pada Jalan Kawi. Nilai ini sudah melewati baku mutu tingkat kebisingan di daerah komersial dan permukiman yaitu sebesar 55 dB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/342/051202777
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:22
Last Modified: 20 Nov 2012 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141498
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item