Pengaruh Perkuatan Pile dengan Variasi Diameter dan Lokasi Pile Terhadap Stabilitas pada Pemodelan Fisik Lereng Pasir Dengan Dr 88 %,

M, AyuDian (2012) Pengaruh Perkuatan Pile dengan Variasi Diameter dan Lokasi Pile Terhadap Stabilitas pada Pemodelan Fisik Lereng Pasir Dengan Dr 88 %,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelongsoran khususnya kelongsoran pada lereng, masih menjadi isu yang berkelanjutan pada dunia teknik sipil. Untuk mengatasi kegagalan kelongsoran lereng, digunakan perkuatan lereng dengan salah satunya adalah melakukan pemasangan pile guna meningkatkan stabilitas lereng sehingga kegagalan kelongsoran lereng dapat dicegah dan dihindari. Pile di sini adalah pile berukuran mini yang menggunkan bahan campuran mortar, dan bertulangan bambu. Perkuatan lereng dilakukan dengan meletakkan pile di beberapa tempat di lereng. Dalam penelitian ini digunakan pasir bergradasi halus (poor gradded) dan pile dengan variasi parameter diameter tiang dan lokasi penempatan pile pada lereng. Model lereng di buat pada bak uji berukuran ukuran panjang 1,50 m lebar 1,0 m dan tinggi 1,0 m. Pembebanan dilakukan dengan menambahkan beban secara bertahap dengan menggunakan hydroulic jack hingga mencapai beban runtuh pada pemodelan lereng. Beban dimodelkan sebagai strip footing yang menyalurkan beban dari load cell kemudian di baca pada proving ring tiap 1 strip. Permasalahan yang terjadi di laboratorium dianalisis dengan menggunakan Finite Element Method, dengan mengubah bentuk pemodelan lereng 3D menjadi pemodelan 2D . Pemodelan yang dilakukan dengan mengekivalenkan nilai kekakuan pada tiang bambu komposit kedalam bentuk dinding turap. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa model lereng yang diberi perkuatan mengalami peningkatan daya dukung tanah dan angka keamanan terhadap stabilitas lereng secara signifikan. Pengaruh diameter, dan lokasi perkuatan pile memberikan pengaruh dalam peningkatan daya dukung tanah dan angka keamanan. Semakin besar diameter pile yang di pasang, semakin besar beban runtuh yang dapat di tahan lereng, serta lokasi paling optimal dalam hal ini adalah posisi tengah atas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/336/051202771
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:17
Last Modified: 20 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141490
[thumbnail of COVER++_ayu.pdf]
Preview
Text
COVER++_ayu.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_KELENGKAPAN_ayu.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_KELENGKAPAN_ayu.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_ayu_OK.pdf]
Preview
Text
BAB_I_ayu_OK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_ayu_OK.pdf]
Preview
Text
BAB_II_ayu_OK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_ayu_OK.pdf]
Preview
Text
BAB_III_ayu_OK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_ayu_OK.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_ayu_OK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_ayu_OK.pdf]
Preview
Text
BAB_V_ayu_OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item