Syaifudin, Fahmi (2012) Pengaruh Variasi Jarak Antar Pile dan Lokasi Perkuatan Pile Pada Pemodelan Fisik Lereng Tanah Pasir DR 88%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bencana tanah longsor di Indonesia merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi. Untuk mengatasi kelongsoran lereng dapat ditempuh dengan berbagai cara. Salah satu sistem perkuatan lereng yang digunakan adalah dengan memasang mini pile dengan tulangan bambu komposit. Fungsi pile dalam hal ini adalah menahan gaya lateral tanah akibat kelongsoran dimana pile akan mereduksi aliran tanah yang melalui sela-sela antara sebaris pile sehingga stabilitas lereng dapat meningkat. Pada penelitian ini dipakai model test dengan ukuran panjang 1,50 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,0 m. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi perkuatan optimum, dimana perkuatan dipasang dengan empat variasi berbeda. Serta dengan melakukan variasi jarak antar pile dengan empat variasi berbeda pula. Proses pemadatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan cara membagi lereng model sebanyak tujuh lapisan dan dipadatkan dengan proctor standart dengan jumlah tumbukan berdasarkan hasil trial dan error kepadatan. Pembebanan dilakukan dengan menambahkan beban secara bertahap hingga mencapai beban runtuh pada pemodelan lereng. Beban dimodelkan sebagai strip footing yang menyalurkan beban dari load cell. Masalah yang terjadi di laboratorium dianalisis dengan menggunakan Finite Element Method, dengan mengubah bentuk pemodelan lereng 3D menjadi pemodelan 2D Hasil dari penambahan perkuatan pile dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model lereng mengalami peningkatan daya dukung dan peningkatan safety factor secara signifikan. Dimana lokasi terbaik perkuatan pile adalah pada posisi tengah atas dan jarak antar optimum yang dihasilkan adalah sebesar 7,5 cm. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semakin kecil jarak antar pile maka penambahan daya dukung dan safety factor akan semakin besar. Sedangkan lokasi yang terbaik pemasangan pile adalah di daerah keruntuhan lereng sebelah atas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2012/330/051202765 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 11:26 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141485 |
Preview |
Text
SKRIPSI_FAHMI_SYAIFUDIN_0810610048.pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |