Kajian Potensi Penumpang Pengguna (Bus Rapid Transit) Rute Waru – Perak Kota Surabaya.

Fitranto, Hendy (2012) Kajian Potensi Penumpang Pengguna (Bus Rapid Transit) Rute Waru – Perak Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sarana dan prasarana transportasi darat terus mengalami pengembangan secara terpadu dan pesat. Masalah yang terjadi pada transportasi jalan seperti macet, tundaan dan banyaknya kecelakaan menyebabkan para pengguna transportasi mencari alternatif moda transportasi lain yang dapat memberik an rasa tertib, aman, lancar, nyaman dan efisien. Maka dari itu diperlukan Sistem Angkutan Umum Masal (SAUM) yang efisien, aman dan nyaman, serta waktu perjalanan yang semakin singkat, dan tidak perlu menghadapi tundaan yang sering terjadi, dapat terpenuhi oleh moda transportasi bus yaitu Bus Rapid Transit (BRT). Koridor dengan volume kendaraan terbesar di Kota Surabaya saat ini adalah koridor utara – selatan. Koridor ini menghubungkankawasan pemukiman serta kota penyangga yaitu Sidoarjo dengan kawasan bisnis dan perdagangan di pusat Kota Surabaya. Jalur ini juga menghubungkan Surabaya dengan kawasan Indonesia timur melalui Pelabuhan Tanjung Perak yang berada di ujung utara k oridor ini. Atas dasar pertimbangan ini, skripsi ini mengambil lokasi studi pada koridor utara – selatan Kota Surabaya, yang tepatnya rute Waru – Perak. Untuk memudahkan transportasi dari Surabaya Selatan menuju Surabaya Utara, maka akan dioperasikan BRT yang menghubungkan Waru – Perak. Dalam mendukung rencana tersebut, dibutuhkan adanya analisis kebutuhan pasar ( market demand ) atas BRT rute Waru – Perak. Analisis kebutuhan yang dimaksud adalah mengenai potensi penumpang BRT di daerah Surabaya Selatan dan Surabaya Utara. Untuk dapat memprediksi potensi penumpang BRT terlebih dahulu perlu diketahui karakteristik pelaku perjalanan di daerah Surabaya Selatan dan Utara serta probabilitas perpindahan penumpang moda eksisting ke BRT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perjalanan eksisting dari daerah Surabaya bagian selatan dan mengetahui model probabilitas perpindahan dari moda eksisting ke moda BRT. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner di dalam bus kota dengan rute Waru – Perak dan disusun dengan teknik stated preference. Analisis data yang digunakan adalah stastistik deskriptif untuk karakteristik perjalanan eksisting dan persamaan logit binomial untuk model probabilitas perpindahan moda. Moda eksisting yang diteliti adalah bus kota. Pada moda eksisting digunakan atribut-atribut yang berupa selisih kondisi antara moda eksisting dengan rencana BRT. Atribut-atribut tersebut adalah atribut biaya perjalanan ( D X 1 ) dan atribut waktu perjalanan ( D X 2 ). Dari hasil analisis diketahui bahwa atribut biaya perjalanan pada bus kota dan atribut waktu perjalanan pada bus kota. Model probabilitas perpindahan untuk atribut signifikan adalah sebagai berikut: 1. Atribut biaya perjalanan pada bus kota: P BRT = 2,773 0,901 X1 2,773 0,901 X1 waktu perjalanan pada bus kota: P BRT = 0,373 0,064 X2 0,373 0,064 X2 Dari hasil aplikasi model diketahui bahwa atribut biaya perjalanan pada bus kota dan atribut waktu perjalanan pada bus kota. Model potensi penumpang pengguna BRT untuk atribut signifikan adalah sebagai berikut 1. Atribut biaya perjalanan pada bus kota: P BRT = 2,773 0,901(5000 4000) 2,773 0,901(5000 4000) 2. Atribut waktu perjalanan pada bus kota: P BRT = 2,773 0,901(60 90) 2,773 0,901(60 90) Dalam perencanaan pengoperasian BRT, model probabilitas pemilihan moda tersebut untuk selanjutnya dapat digunakan dalam dalam hal ini kajian-kajian lain yang mendukung seperti penentuan tarif, jumlah armada yang diperlukan, jumlah dan lokasi halte, dan sebagainya dan tentunya masih diperlukan kajian-kajian lain yang mendukung seperti kajian kelayakan teknis dan kajian kelayakan finansial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/322/0512002757
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2012 09:55
Last Modified: 26 Oct 2021 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item