Sujono, EkaRizky (2012) Pengaruh Daya Dukung Dan Permeabilitas Akibat Variasi Gradasi Agregat Lapisan Pondasi Porous Pavement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu penyebab kerusakan jalan jenis flexible pavement adalah genangan air. Genangan air dapat mereduksi lapisan permukaan aspal hingga rusak dan berlubang. Oleh karena itu perlu adanya suatu struktur perkerasan yang dapat mengurangi kerusakan jalan akibat genangan air. Porous pavement hadir sebagai solusi atas permasalahan rusaknya perkerasan akibat genangan air. Berbeda dengan perkerasan konvensional, porous pavement membiarkan air meresap masuk kedalam struktur perkerasan sehingga saat terjadi hujan, tidak ada lagi genangan air maupun run off. Konsep porous pavement adalah membuat rongga udara sebesar mungkin untuk mengalirnya air. Namun peningkatan rongga udara menyebabkan berkurangnya daya dukung perkerasan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari kebutuhan rongga udara atau porositas yang paling optimal untuk perkerasan porous pavement dan CBR maksimum yang dapat ditahan oleh modifikasi gradasi material pondasi. Pada penelitian ini dilakukan analisa saringan untuk mendapatkan variasi gradasi agregat kasar, dari analisa saringan didapatkan 10 macam gradasi dengan standart ASTHO dan Bina Marga. Masing masing gradasi memiliki 3 benda uji. 10 macam gradasi digunakan untuk uji pemadatan, uji pemadatan dilakukan pada mold standart ASTM D 1883 – 07. Perhitungan volume udara dilakukan untuk mengetahui porositas. Dari uji porositas didapatkan nilai porositas yang bervariasi antara 43% hingga 55,8%. Selanjutnya benda uji digunakan kembali untuk percobaan constant head. Percobaan constant head bertujuan untuk mendapatkan kecepatan permeabilitas. Dari hasil percobaan didapatkan kecepatan permeabilitas yang bervariasi pada setiap gradasinya,mulai 0,172 hingga 0,209. Grafik hubungan antara porositas dan permeabilitas menunjukan bahwa kenaikan porositas akan diikuti dengan kenaikan permeabilitas. Selanjutnya benda uji digunakan untuk percobaan CBR. Percobaan CBR bertujuan untuk mengetahui daya dukung benda uji. Dari hasil percobaan didapatkan CBR dengan kisaran 20,7 hingga 51 yang termasuk pada katagori fair untuk lapisan pondasi perkerasan jalan, turun 15% dari ketentuan binamarga untuk jalan lingkungan. Grafik hubungan antara permebilitas dan CBR menunjukan bahwa hubungan antara permeabilitas dan CBR berupa kurva dengan persamaan polinomial tingkat 3, memiliki titik puncak atau titik optimal yang terletak pada axis 0,2 cm/s dan ordinat 42%. Jadi porositas optimal sebesar 53,5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, material yang paling sesuai untuk digunakan sebagai lapisan pondasi perkerasan porous pavement adalah gradasi try 8 dengan porositas berkisar ±53,5% dan CBR maksimum yang dapat dicapai sebesar 51%
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2012/298/051202733 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 13:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141454 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |