Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Dan Penambahan Serbuk Keramik Terhadap Umur Lelah Pipa Aluminium (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horizontal”.

Aryanto, Ivan (2012) Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Dan Penambahan Serbuk Keramik Terhadap Umur Lelah Pipa Aluminium (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horizontal”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pengecoran sangat pesat, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya produk hasil pengecoran. Dunia pengecoran saat ini banyak menggunakan aluminium terutama aluminium paduan Al-Mg-Si sebagai bahan dasar pipa dikarenakan memiliki titik cair rendah dan memiliki sifat ringan, dapat diperlakukan panas, mampu potong, mampu las dan tahan korosi. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk mendapatkan hasil coran yang baik termasuk menggunakan pengecoran sentrifugal horizontal dan penambahan partikel lain pada coran semisal alumina, karbida dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh kecepatan putar cetakan dan penambahan serbuk keramik terhadap umur lelah pipa aluminium (Al-Mg-Si) hasil pengecoran sentrifugal horizontal. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental research . Penelitian ini menggunakan variasi kecepatan putar cetakan 900 rpm, 1200rpm, 1500 rpm, 1750 rpm dan variasi penambahan serbuk keramik fraksi berat sebesar 0%, 5%, 10%, 13%. Pada penelitian ini juga mengontrol suhu penuangan sebesar 800ºC , waktu putar cetakan 120 detik, ukuran serbuk keramik 50μm sampai 60μm dan pembebanan uji fatigue sebesar 50 MPa. Serbuk keramik dengan beberapa variasi yang telah disebutkan dicampurkan dengan aluminium cair kemudian campuran aluminium dan serbuk keramik dimasukkan ke dalam cetakan pada alat pengecoran sentrifugal horizontal dan diputar dengan variasi kecepatan putar yang telah ditentukan. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil peningkatan kecepatan putar cetakan dan penambahan serbuk keramik 0%, 5%, 10% fraksi berat akan meningkatkan umur lelah. Umur lelah paling besar dimiliki hasil coran dengan menggunakan kecepatan putar cetakan 1750 rpm dengan penambahan serbuk keramik 10% fraksi berat sebesar 1572482 siklus pembebanan dan umur lelah paling kecil dimiliki hasil coran dengan menggunakan kecepatan putar cetakan 900 rpm dengan penambahan serbuk keramik 0% fraksi berat sebesar 269264 siklus pembebanan. Perbedaan umur lelah diakibatkan karena adanya porositas dan perbedaan ukuran butiran yang dihasilkan dari masing-masing penambahan serbuk keramik dan penggunaan kecepatan putar cetakan pada pengecoran sentrifugal horizontal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/29/ 051200747
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Mar 2012 14:49
Last Modified: 07 Mar 2012 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141448
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item