Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Dan Penambahan Serbuk Keramik Terhadap Kekuatan Tarik Pipa Aluminium (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horizontal,

SetyabudiD, Bayupurnama (2012) Pengaruh Kecepatan Putar Cetakan Dan Penambahan Serbuk Keramik Terhadap Kekuatan Tarik Pipa Aluminium (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horizontal,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengecoran sentrifugal merupakan salah satu metode pengecoran yang digunakan dalam pembuatan benda yang berbentuk silindris. Pada proses ini masih banyak terdapat permasalahan yang dapat mempengaruhi karakteristik dari produk cor Aluminium sebagai salah satu logam yang dapat diberi paduan dengan material lain akan dicampur dengan keramik limbah untuk menghasilkan komposit matrik aluminium. Permasalahan yang diteliti di sini adalah kekuatan tarik dari Aluminium yang di campur dengan keramik bekas (ubin). Dalam penelitian ini menggunakan bahan Aluminium paduan (Al-Mg-Si). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental nyata dengan parameter yang digunakan adalah variasi kecepatan putar cetakan 900 rpm, 1200 rpm, 1500 rpm, dan 1750 rpm serta penambahan serbuk keramik sebesar 0% 5%,10%, dan 13% fraksi berat. Pengujian tarik menggunakan mesin uji tarik ( Universal Tensile Machine). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi putaran cetakan dan penambahan fraksi berat yang terbaik adalah pada putaran 1750 rpm dan penambahan keramik sebesar 10% fraksi berat. Pada variasi ini didapatkan nilai kekuatan tarik maksimal sebesar 195,76 N/mm 2 . Kekuatan tarik terendah pada kecepatan putar 900 rpm tanpa penambahan serbuk keramik yaitu sebesar 102,619 N/mm 2 . Kenaikan nilai kekuatan tarik pada setiap penambahan kecepatan putar cetakan disebabkan karena adanya peningkatan gaya sentrifugal sehingga logam cair akan terlempar ke dinding cetakan sehingga struktur butiran lebih rapat dan padat. Pada penambahan keramik hingga 10% fraksi berat mengalami kenaikan nilai kekuatan tarik karena menghasilkan komposisi yang terbaik dan keramik sendiri berfungsi sebagai filler yang mengisi celah antar butir sehingga menyebabkan hambatan slip yang ada semakin besar, sedangkan pada penambahan keramik sebanyak 13% fraksi berat mengalami penurunan dikarenakan fluiditas logam cair yang menurun karena terlalu banyaknya campuran dari keramik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/28/ 051200746
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Mar 2012 09:27
Last Modified: 08 Mar 2012 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141436
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item