Pemanfaatan Bio Reaktor Mini (BRM) Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Pada Kelurahan Manjahlega Kota Bandung

Wittesa, Chigara (2012) Pemanfaatan Bio Reaktor Mini (BRM) Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Pada Kelurahan Manjahlega Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk yang meningkat akan berbanding lurus dengan terjadinya peningkatan timbulan sampah. Peningkatan volume sampah yang tidak diikuti oleh pengelolaan sampah yang tepat akan mengakibatkan permasalahan dalam penanganan sampah. Bio Reaktor Mini adalah salah satu teknologi pengolahan sampah untuk mereduksi volume sampah yang akan dibuang ke TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja operasional pengelolaan sampah pada Bio Reaktor Mini di Kelurahan Manjahlega Kota Bandung dengan menggunakan analisa kinerja Bio Reaktor Mini, analisis tingkat partisipasi masyarakat, dan analisis tingkat kepuasan masyarakat. Metode analisis dalam penelitian ini antara lain analisis deskriptif untuk untuk mengidentifikasi karakteristik sistem pengangkutan sampah Kelurahan Manjahlega Kota Bandung serta mengidentifikasi karakteristik sampah pada Bio Reaktor Mini, analisis evaluatif digunakan untuk menganalisis kinerja operasional unit komposting Bio Reaktor Mini dengan menggunakan menggunakan Important Performance Analysist (IPA), serta metode development untuk mencari strategi optimalisasi pemanfaatan Bio Reaktor Mini. Berdasarkan identifikasi serta analisis kesesuaian dengan menggunakan SNI 3242:2008, diketahui pengelolaan sampah pada Bio reaktor Mini di permukiman Kelurahan Manjahlega memperoleh skor 20 yang tergolong klasifikasi Sesuai Dengan Standar Pengolahan Sampah Di Permukiman. Berdasarkan analisis partisipatif, diperoleh kategori partnership dan co-learning . Berdasarkan hasil analisis IPA, diperoleh tingkat kepuasan masyarakat terkait pemanfaatan Bio Reaktor Mini rendah. Adapun strategi yang dapat digunakan terkait peningkatan kinerja operasional Bio Reaktor Mini, antara lain: peningkatan kebutuhan masyarakat terkait pemanfaatan Bio Reaktor Mini; peningkatan kinerja operasional pengelolaan sampah; serta optimalisasi peran serta masyarakat sehingga Bio Reaktor Mini dapat menjadi sistem pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/27/ 051200745
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Mar 2012 09:33
Last Modified: 08 Mar 2012 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141426
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item