Pengaruh Operasi Jalan Alternatif Porong Terhadap Kelancaran Angkutan Peti Kemas

Octavia, CristyIrma (2012) Pengaruh Operasi Jalan Alternatif Porong Terhadap Kelancaran Angkutan Peti Kemas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan arteri porong merupakan rute utama para moda angkutan barang, yang sebagian besar merupakan para pengantar barang - barang hasil ekspor ataupun impor yang berasal dari Tanjung Perak maupun berasal dari Pasuruan. Namun seiring dengan terjadinya luapan lumpur panas Lapindo membuat jalur atau rute utama tersebut tidak berfungsi secara optimal lagi dalam melayani tingkat volume kendaraan pengirim barang yang semakin meningkat selaras dengan permintaan masyarakat akan kebutuhan semakin melonjak, menimbulkan penumpukan kendaraan bermotor, khususnya kendaraan pengirim barang (kontainer) yang berujung pada keterlambatan pengiriman barang dari atau menuju pelabuhan (Tanjung Perak). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pergerakan kendaraan, kinerja lalulintas, BOK, nilai waktu, dan biaya tunggu barang kendaraan peti kemas, pada dua kondisi yaitu kondisi sebelum dan sesudah beroperasinya jalan alternatif arteri baru porong. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi analisis tingkat pelayanan jalan, asal tujuan, BOK (BOK), nilai waktu dan biaya tunggu barang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergerakan kendaraan, arah utara menuju selatan (Surabaya-Malang) Arah utara menuju selatan (Surabaya-Malang) mengalami peningkatan pergerakan dari total arus menerus, dari 59.5% menjadi 64.7%, Kemudian untuk Arah selatan menuju utara (Malang-Surabaya) mengalami penurunan pergerakan dari total arus menerus, dari 85.4% menjadi 58.6%. Tingkat pelayanan jalan arteri porong, Arah utara menuju selatan (Surabaya-Malang), nilai derajat kejenuhan dari 0.67 smp/jam menjadi 0.64 smp/jam, dan LOS tetap di nilai C, dan Arah selatan menuju utara (Malang-Surabaya), nilai LOS dari nilai C menjadi B, sehingga nilai derajat kejenuhan pun berubah dari 0.63 smp/jam menjadi 0.27 smp/jam. BOK peti kemas Arah utara menuju selatan (Surabaya-Malang), terjadi penurunan nilai BOK sebesar 8.40%, dari Rp. 20222.296 menjadi Rp. 18522.920, dan Arah selatan menuju utara (Malang-Surabaya), terjadi penurunan nilai BOK sebesar 8.11%. dari Rp. 20580.104 menjadi Rp. 18910.632. Total nilai waktu jalan arteri porong arah dari utara menuju selatan (Surabaya-Malang), terjadi penurunan nilai waktu kendaraan peti kemas sebesar 40.18%, dari Rp. 556.639/kend menjadi Rp. 332.966/kend, dan arah dari selatan menuju utara (Malang-Surabaya), terjadi penurunan nilai waktu kendaraan peti kemas sebesar 40.49%, dari Rp. 615.098/kend menjadi Rp. 366.010/kend. Total biaya tunggu barang dan kendaraan Peti Kemas Arah dari utara menuju selatan (Surabaya-Malang), terjadi penurunan nilai biaya tunggu barang kendaraan peti kemas sebesar 40.18%, dari Rp. 9330.434/box menjadi Rp. 8211.358/box, dan Arah dari selatan menuju utara (Malang-Surabaya), terjadi penurunan nilai biaya tunggu barang kendaraan peti kemas sebesar 40.49%, dari Rp. 9330.434/box menjadi Rp. 8211.358/box.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/255/051202680
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2012 14:05
Last Modified: 20 Nov 2012 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141409
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item