Pengaruh Proporsi dan Rasio Kendaraan Tidak Bermotor Terhadap Kecepatan Lalu Lintas Bermedian di Wilayah Surabaya

Musa, AnangSuryana (2012) Pengaruh Proporsi dan Rasio Kendaraan Tidak Bermotor Terhadap Kecepatan Lalu Lintas Bermedian di Wilayah Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kendaraan tidak bermotor mempunyai peranan yang penting untuk diwujudkan sebagai alternatif dalam melengkapi alat transportasi. Jika kendaraan tidak bermotor berada dalam lalu lintas bercampur, maka hal ini berpotensi memberikan pengaruh terhadap kinerja lalu lintas terutama pada kecepatan lalu lintas. Hal ini bisa dilihat pada jalan-jalan bermedian di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh rasio dan proporsi kendaraan tidak bermotor terhadap kecepatan lalu lintas, dan untuk menentukan nilai emp kendaraan bermotor dan tidak bermotor sebagai bagian dari lalu lintas. Studi dilakukan di tiga titik penelitian, yaitu di Jalan Kenjeran, Jalan Semolowaru, dan Jalan Raya Rungkut. Hal ini karena terdapat perbedaan karakteristik jalan dan jumlah kendaraan yang melintas pada ketiga lokasi tersebut. Survei dilakukan hari minggu dan senin pada pagi (05.00-07.00), siang (11.00-13.00), dan sore (15.00-17.00) dengan survei langsung di lapangan dan dengan menggunakan kamera video. Hasil dari analisa adalah proporsi dan rasio kendaraan tidak bermotor tidak berpengaruh signifikan terhadap kecepatan lalu lintas di ketiga titik tersebut, namun pada interval volume tertentu terlihat adanya pengaruh proporsi dan rasio dimana semakin tinggi proporsi dan rasio kendaraan tidak bermotor maka semakin rendah kecepatan lalu lintas di jalan tersebut. Hal ini terlihat pada jalan Kenjeran arah barat ke timur dengan interval volume 2175-2635 kend/jam terlihat bahwa dengan kenaikan nilai proporsi 5% terjadi penurunan kecepatan lalu lintas sebesar 1,1 km/jam. Sedangkan pada arah timur ke barat dengan interval volume 3348-3672 kend/jam dengan kenaikan nilai proporsi 5% terjadi penurunan kecepatan lalu lintas sebesar 7,8 km/jam. Untuk Jalan Semolowaru pengaruh proporsi kendaraan tidak bermotor ada yang mengalami kenaikan dan ada pula yang mengalami penurunan kecepatan . Pada arah barat ke timur dengan interval volume 1077 – 1243 kend/jam setiap kenaikan proporsi kendaraan tidak bermotor sebesar 5% kecepatan lalu lintas akan menglami penurunan sebesar 0,8 km/jam. Untuk arah timur ke barat dengan interval waktu 888-1027 kend/jam terjadi penurunan kecepatan lalu lintas sebesar 2,8 km/jam. Sedangkan untuk Lokasi 3 yaitu ruas Jalan Rungkut pengaruh proporsi kendaraan tidak bermotor ada yang mengalami kenaikan dan ada pula yang mengalami penurunan kecepatan. Pada arah barat ke timur dengan interval volume 1618 – 1971 kend/jam didapatkan setiap kenaikan proporsi kendaraan tidak bermotor sebesar 5% terjadi penurunan keceptan sebesar 1,7 km/jam. Sedangkan pada arah timur ke barat dengan interval waktu 1682-1822 kend/jam terjadi penurunan kecepatan lalu lintas sebesar 5,24 km/jam. Dari hasil analisis dengan menggunakan basis kapasitas yang menggunakan model regresi linier pada ketiga lokasi yaitu Jalan Kenjeran, Jalan Semolowaru, dan Jalan Rungkut, didapatkan interval nilai emp yang mewakili wilayah Surabaya yaitu sepeda motor 0,538; kendaraan ringan 1,000; kendaraan berat 2,472; sepeda 4,732; dan becak 10,315. Dari hasil analisisi diatas disarankan Untuk jalan bermedian yang belum difasilitasi lajur khusus kendaraan lambat, sebaiknya ditinjau pengaruh proporsi dan rasio kendaraan tidak bermotornya, Perlu adanya penelitian terhadap pengadaan jalur sepeda untuk memisahkan kendaraan tidak bermotor dan bermotor sehingga kecepatan lalu lintas pada jalan tersebut dapat mendekati kecepatan rencana sesuai dengan klasifikasi jalan yang ada, Perlu ada studi lebih lanjut yang mendalam dan spsesifik mengenai pengaruh kendaraan tidak bermotor terhadap kecepatan lalu lintas untuk mencari nilai emp dari kendaraan tidak bermotor tersebut, dan perlu adanya perhitungan emp dengan menggunakan metode lain agar didapatkan pembanding nilai emp yang menggunakan basis kapasitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/239/0512002451
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2012 11:53
Last Modified: 27 Sep 2012 11:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141392
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item