Pendekatan Lean Manufacturing Menggunakan Value Stream Mapping Untuk Meminimasi Waste Pada Proses Produksi Susu Nandhi Murni (Studi Kasus Di Koperasi Unit Desa Batu)

Putri,AprilliaRahma (2012) Pendekatan Lean Manufacturing Menggunakan Value Stream Mapping Untuk Meminimasi Waste Pada Proses Produksi Susu Nandhi Murni (Studi Kasus Di Koperasi Unit Desa Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KUD Batu merupakan jenis koperasi yang memproduksi susu pasteurisasi. Dalam menjalankan produksinya, KUD Batu mengalami permasalahan yaitu terjadinya pemborosan (waste) pada proses produksi. Proses produksi yang berlangsung di KUD menunjukkan adanya non value added antara lain pemindahan material yang tidak efisien, letak gudang bahan baku kemasan yang terpisah dari lantai produksi, operator yang saling menunggu untuk melakukan proses produksi nandhi murni karena bergantian dengan produksi susu KSB dan masih ada product defect . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konseap lean manufacturing dengan menggunakan alat Value Stream Mapping (VSM). Konsep lean manufacturing mampu mengeliminasi waste pada value stream . Identifikasi waste diawali dengan menggambarkan current state map proses produksi susu nandhi murni. Selanjutnya melakukan pembobotan terhadap ketujuh jenis waste yang berdasarkan hasil kuesioner. Ketujuh waste tersebut antara lain overproduction, waiting, unnecessary transportation, inappropriate processing, unnecessary inventory, motion, dan product defect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/226/051202145
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jul 2012 11:28
Last Modified: 20 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141377
[thumbnail of 051202145.pdf]
Preview
Text
051202145.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item