Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Relokasi Pasar Dinoyo Malang

Savitri, Nanis (2012) Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Relokasi Pasar Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Relokasi Pasar Dinoyo Malang dilakukan untuk pemindahan sementara kegiatan pasar karena pembangunan mall dan pasar modern di lokasi awal. Relokasi ini akan menimbulkan tarikan dan bangkitan pergerakan baru yang membebani sistem jaringan jalan yang telah ada. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui dampak lalu lintas (ANDALALIN) pada saat pasar beroperasi dan dilengkapi dengan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Metode survai yang dilakukan adalah survai lalulintas pada tiap-tiap simpang yaitu simpang gajayana, simpang gajayana utara, simpang gajayana selatan dan simpang merjosari. Survai dilakukan pada hari Sabtu, Minggu dan senin yaitu masing-masing pada pukul 05.00-09.00 dan pukul 11.00-14.00. Selain itu dilakukan survai keluar masuk kendaraan di pasar dinoyo pada jam dan hari yang sama. Pada perhitungan volume lalulintas didapatkan kondisi maksimum yaitu pada hari senin pukul 06.20-07.20. Hasil analisis dan jam puncak pada kondisi eksisting pada simpang gajayana DS=1,66 ,simpang gajayana utara DS=0,45, simpang gajayana selatan DS=0,64, simpang merjosari DS=0,86. Untuk ruas gajayana DS=1,1 ,ruas gajayana utara DS=0,23 ,ruas gajayana selatan DS=0,68 ,ruas joyo tambaksari DS=0,27 ,ruas pasar relokasi DS=0,62 ,ruas merjosari DS=0,69 ,ruas dinoyo lama DS=0,27. Kondisi simpang setelah relokasi pasar dinoyo pada simpang gajayana DS=1,88 ,simpang gajayana utara DS=0,59 ,simpang gajayana selatan DS=0,33 ,simpang merjosari DS=0,91. Kondisi ruas setelah pasar dinoyo direlokasi untuk ruas gajayana DS=1,09 ,ruas gajayana utara DS=0,13 ,ruas gajayana selatan DS=0,57 ,ruas joyo tambaksari DS=0,69 ,ruas pasar relokasi DS=0,87 ,ruas merjosari DS=0,72 ,ruas dinoyo lama DS=0,42. Setelah dilakukan perbaikan kondisi simpang menjadi simpang gajayana DS=0,97,simpang gajayana utara DS=0,84 ,simpang gajayana selatan DS=0,33 ,simpang merjosari DS=0,65. Untuk kondisi ruas menjadi ruas gajayana DS=0,96 ,ruas gajayana utara DS=0,36 ,ruas gajayana selatan DS=0,6 ,ruas joyo tambaksari DS=0,63 ,ruas pasar relokasi DS=0,37 ,ruas merjosari DS=0,58 ,ruas dinoyo lama DS=0,26.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/200/0512001802
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2012 11:11
Last Modified: 31 Aug 2012 11:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141349
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item