Pembuatan Application Programming Interface (API) Untuk Pengelolaan Data Spasial Pada Relational Database Management System (RDBMS) MySQL.

Achmad, AndikNur (2012) Pembuatan Application Programming Interface (API) Untuk Pengelolaan Data Spasial Pada Relational Database Management System (RDBMS) MySQL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu dari data khusus yang dikelola oleh basis data saat ini adalah data spasial, yaitu data yang berhubungan dengan ruang. Oleh karena itu, data spasial bisa merupakan data 0 dimensi, 1 dimensi, 2 dimensi, atau n dimensi. Titik adalah data spasial 0 dimensi,, garis adalah data spasial 1 dimensi, sedangkan area atau daerah adalah contoh data 2 dimensi. Karena sifatnya adalah n-dimensi, maka data spasial tidak dapat dikelola menggunakan sistem basis data spasial pada umumnya, yang notabene hanya menyimpan data alfanumerik saja. Diperlukan sebuah sistem basis data yang menyediakan fasilitas, yaitu untuk mengenali dan mengelola data spasial, yaitu sistem basis data spasial. Perancangan dan implementasi Application Programming Interface ( API ) untuk pengelolaan data spasial ini dikerjakan dengan beberapa tahap. Tahapan tersebut meliputi proses analisa kebutuhan yang bertujuan untuk mendapatkan semua kebutuhan yang diperlukan dari sistem yang akan dibangun. Perancangan dilakukan setelah semua kebutuhan sistem didapatkan melalui tahap analisa kebutuhan. Proses selanjutnya adalah implementasi dari hasil perancangan API.Pada tahap ini akan dilakukan proses pembangunan API. Hasil dari proses pada bagian implementasi ini adalah sebuah API yang dapat dipakai untuk membangun basis data spasial dengan menggunakan sistem basis data relasional MySQL. Hasil pengujian API untuk pengelolaan data spasial pada RDBMS MySQL ini menunjukkan bahwa API telah mampu menangani semua kasus yang dijadikan parameter pengujian sebagai parameter kesuksesan, yaitu pembuatan skema basis data spasial (CREATE DATABASE), pembuatan tabel spasial (CREATE TABLE), pengisian data ke dalam tabel spasial (INSERT), pembaharuan data pada tabel spasial (UPDATE), penghapusan data pada tabel spasial (DELETE), dan eksekusi query dengan menggunakan operator spasial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/191/0512001793
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2012 09:59
Last Modified: 20 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141339
[thumbnail of 051201793.pdf]
Preview
Text
051201793.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item