Pengembangan Library Algoritma Genetika Dengan Pendekatan Object-Oriented Design dan Object-Oriented Programming”.

Mandyartha, EkaPrakarsa (2012) Pengembangan Library Algoritma Genetika Dengan Pendekatan Object-Oriented Design dan Object-Oriented Programming”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Algoritma genetika merupakan pendekatan komputasional untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memodelkan masalah menjadi proses evolusi biologis. Pemilihan solusi yang akan digunakan untuk membentuk populasi yang baru tergantung nilai fitness nya. Pembentukan populasi baru untuk pencarian solusi dilakukan berulang kali hingga memenuhi kondisi tertentu untuk berhenti. Library Algoritma Genetika (AG3NLib) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu penyelesaian masalah menggunakan algoritma genetika. Perancangan library ini dilakukan dengan pendekatan object-oriented design . Implementasi library ini menggunakan object-oriented programming dengan bahasa pemrograman C#. Pengujian library ini dilakukan untuk memastikan library berjalan sesuai dengan fungsi yang ditentukan dan benar perhitungannya. Pengujian dilakukan dengan membandingkan perhitungan AG3NLib dengan hasil menggunakan metode konvensional pada kasus uji tertentu. Pada kasus uji 1 didapatkan nilai fitness terbaik yang konsisten dengan jumlah generasi maksimum sebesar 50.000 generasi, sedangkan pada kasus uji 2 didapatkan perbedaan nilai fitness terbaik sebesar 0,77%. Parameter ukuran populasi dan jumlah generasi memberikan pengaruh besar terhadap waktu eksekusi. Semakin tinggi nilai parameternya, proses eksekusi akan berlangsung lebih lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/190/0512001792
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2012 15:45
Last Modified: 20 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141338
[thumbnail of 051201792.pdf]
Preview
Text
051201792.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item