Implementasi Model Integrasi Diagram Kartesius Dan Metode Kano Pada Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Untuk Mengevaluasi Kualitas Berdasarkan Dimensi Servqual (Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belaj

Cindikiawati,DestianaPratama (2012) Implementasi Model Integrasi Diagram Kartesius Dan Metode Kano Pada Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Untuk Mengevaluasi Kualitas Berdasarkan Dimensi Servqual (Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belaj. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya peningkatan kualitas telah menjadi suatu keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin menjadi yang terbaik diantara perusahaan lainnya. Saat ini, Lembaga Bimbingan Belajar Neutron (LBB) dituntut untuk mampu bersaing diantara Lembaga Bimbingan Belajar yang ada di kota Malang. Banyaknya lembaga bimbingan belajar yang menawarkan bermacam-macam program studi yang menarik, trik-trik cepat mengerjakan soal, fasilitas dan pelayanan yang sesuai yang dibutuhkan oleh siswa. Tujuan akhir dari pelayanan tersebut adalah kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan dimensi servqual berdasarkan diagram kartesius dan KANO. Penelitian ini mengkombinasikan dua metode tersebut untuk memberikan saran perbaikan layanan pada Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Neutron. Dari metode diagram kartesius didapatkan kelompok atribut yang berada dalam kuadran 1, kuadran 2, kuadran 3, dan kuadran 4, nantinya yang berada dalam kuadran 1 yang berkategori perioritas utama berdasarkan dimensi servqual untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya. Kemudian menganalisa dengan menentukan atribut KANO yang perlu diperhatikan kinerjanya yang termasuk dalam kategori one-dimensional, attractive, dan must be. Lalu dari mengintegrasikan diagram kartesius dan metode KANO didapatkan hasil atribut yang perlu ditingkatkan kinerjanya dan dikembangkan lebih lanjut. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan dari atribut-atribut berdimesi servqual berdasarkan diagram kartesius yang menjadi prioritas utama ada 3 dimensi tangibles, 4 dimensi reliability ,1 dimensi responsivenes dan 2 dimensi emphaty. Hasil analisis dengan menggunakan atribut KANO yang menjadi prioritas untuk lebih diperhatikan kinerjanya oleh pihak Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Neutron, yang termasuk kategori one-dimensional sebanyak 12 atribut, kategori attractive atribute sebanyak 7 atribut, kategori must be atribute sebanyak 9 atribut. Sedangkan dari hasil integrasi diagram kartesius dan metode KANO didapatkan atribut-atribut yang termasuk atribut yang perlu ditingkatkan oleh pihak Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Neutron adalah ketersediaan alat tulis, ketersediaan kamar mandi, ketersediaan perpustakaan, proses penerimaan siswa yang mudah, kesesuaian biaya pendidikan dengan fasilitas, ketepatan pengajar dalam menyampaikan materi, perhatian pengajar terhadap pertanyaan siswa yang belum jelas, dan pengajar selalu siap membantu siswa. dan yang perlu dikembangkan lebih lanjut oleh pihak Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Neutron adalah waktu mulai penyampaian materi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, waktu selesai penyampaian materi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, terbina komunikasi yang baik antara siswa dengan pengajar, dan pengajar mampu memberikan kesan yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/175/051201602
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2012 10:28
Last Modified: 20 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141322
[thumbnail of 051201602.pdf]
Preview
Text
051201602.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item