Pendugaan Lapisan Akuifer Dengan Metode Geolistrik Dan Perencanaan Sumur Pompa Di Kecamatan Singosari

Nainggolan,Jandik (2012) Pendugaan Lapisan Akuifer Dengan Metode Geolistrik Dan Perencanaan Sumur Pompa Di Kecamatan Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Singosari berupaya untuk mengembangkan jaringan distribusi air baku menggunakan sumber alternatif air tanah. Keberadaan air tanah tidak mutlak berada dalam suatu kedalaman tertentu. Disamping itu keberadaan akuifer juga cukup sulit ditentukan hanya dengan mengetahui nilai resistivitas tanah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menduga lapisan akuifer dan merencanakan sumur pompa pada tiap titik duga di lima desa di kecamatan singosari bagian utara (Candirenggo, Gunungrejo, Randuagung, Toyomarto, serta Ardimulyo). Dalam pelaksanaan studi ini, metode pendugaan yang dilakukan yaitu metode geolistrik untuk mendapatkan nilai tahanan jenis ( resistivity ) susunan geologi di bawah permukaan. Dalam studi ini juga digunakan konfigurasi Schlumberger pada pelaksanaan metode geolistrik. Lapisan batuan yang dianggap mengandung air tanah atau bisa berfungsi akuifer, selanjutnya akan dihitung perkiraan potensi akuifernya dengan perhitungan volume akuifer. Dalam perhitungan debit optimum pemompaan diberlakukan berdasarkan kedalaman akuifer dan data-data lain yang diperoleh berdasarkan hasil pendugaan akuifer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/169/051201599
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:16
Last Modified: 20 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141317
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_&_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_&_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_fix.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item