Program Pendeteksi Dan Penghitung Jumlah Pengunjung Dengan Teknik Pencitraan Digital Menggunakan Webcam

Hidayat,Wirawan (2012) Program Pendeteksi Dan Penghitung Jumlah Pengunjung Dengan Teknik Pencitraan Digital Menggunakan Webcam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mendapatkan data jumlah pengunjung yang masuk pada suatu gedung umumnya masih dilakukan secara manual dengan memanfaatkan tenaga manusia sebagai penghitung jumlah pengunjung. Semakin banyak pintu masuk yang digunakan, maka semakin banyak pula tenaga manusia yang dibutuhkan. Dengan berkembangnya teknologi, tugas tersebut dapat dibantu dengan melakukan penerapan salah satu ilmu komputer yaitu pencitraan digital yang mengolah gambar atau video menjadi informasi yang bermanfaat dan tercatat. Pada skripsi ini ditunjukkan bagaimana membuat sebuah program pendeteksi dan penghitung jumlah pengunjung dengan pencitraan digital menggunakan webcam . Berdasarkan image setiap satu frame yang berhasil ditangkap webcam, dilakukan penghitungan untuk mencari selisih piksel antara background image dan frame image . Selisih piksel tersebut dikuadratkan dan dibagi dengan luas detection window . Nilai hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan nilai threshold untuk diketahui adanya pegunjung yang melewati detection window. Tingkat keberhasilan dari program ini sebesar 97,5% dengan pengujian menggunakan sumber cahaya yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/142/051201448
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:58
Last Modified: 20 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141290
[thumbnail of 051201448.pdf]
Preview
Text
051201448.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item