Penentuan Kualitas Pelayanan (Quality Of Service) Penyedia Jaringan 2G(GSM) dan 3G(UMTS) Menggunakan TEMS Investigation

Pratama, Rizqi (2012) Penentuan Kualitas Pelayanan (Quality Of Service) Penyedia Jaringan 2G(GSM) dan 3G(UMTS) Menggunakan TEMS Investigation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi telekomunikasi bergerak saat ini telah memasuki era dimana teknologi tersebut akan berkembang dengan cepat seiring dengan kebutuhan manusia untuk saling berkomunikasi tanpa adanya keterbatasan, serta terjaminnya kontinuitas dan kualitas hubungan telekomunikasi sehingga para pengguna layanan dapat melakukan komunikasi dengan nyaman tanpa adanya kendala. Untuk itu, para penyedia layanan ( provider ) telekomunikasi diharapkan mampu untuk selalu menjaga kualitas panggilannya agar tetap baik untuk seluruh jenis layanan baik pada panggilan suara, video call , maupun komunikasi data. Dalam skripsi ini, akan dibahas kualitas jaringan 2G(GSM) dan 3G(UMTS)yang dirasakan oleh setiap pelanggan provider dengan metode drivetest menggunakan program TEMS investigation. Dimana dengan drivetest bisa diketahui informasi RSCP ( Received Signal Code Power), Ec/No ( Carrier to Noise Ratio) , SQI ( Speech Quality Index) , Call Setup Success Ratio, Call Congestion Ratio. Dari informasi tersebut dapat mengetahui kinerja jaringan dari masing-masing provider , sehingga bisa diketahui apakah keadaan jaringan suatu provider masih layak atau perlu di lakukan suatu perbaikan. Berdasar pengukuran yang dilakukan di area kota Malang, prosentase nilai RSCP terbaik (-85dBm s/d 0 dBm) dari provider A yang tertinggi sebesar 97% dan dari provider B yang tertinggi sebesar 99%, prosentase nilai Ec/No terbaik (-6 dB s/d 0 dB) dari provider A yang tertinggi sebesar 63% dan dari provider B yang tertinggi sebesar 70% , prosentase nilai SQI terbaik (18 s/d 30) dari provider A yang tertinggi sebesar 29% dan dari provider B yang tertinggi sebesar 44%. Dari nilai CSSR dan CCR, provider A memiliki nilai CSSR terendah sebesar 95,45%, CCR sebesar 4,55% dimana nilai tersebut masih dibawah standar kualitas yang dikeluarkan oleh dirjen postel CSSR sebesar 98,94% dan CCR 1,06% . Provider B memiliki nilai CSSR sebesar 100%, CCR 0% pada semua wilayah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/10/ 051200254
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Mar 2012 14:19
Last Modified: 07 Mar 2012 14:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141241
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item