Pengembangan E-commerce pada Sentra Kuningan Bondowoso untuk Mengembangkan Jaringan Pemasaran dan Wisata Industri,

Saharani, Lepisa (2011) Pengembangan E-commerce pada Sentra Kuningan Bondowoso untuk Mengembangkan Jaringan Pemasaran dan Wisata Industri,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional. Di saat beberapa UKM mulai berbenah dan semakin meningkatkan usahanya, UKM Kuningan Bondowoso justru mengalami penurunan dari segi kuantitas. Penurunan jumlah UKM ini, disebabkan oleh permasalahan pemasaran dan promosi. Pemasaran yang dilakukan secara konvensional menyebabkan produk kuningan hanya dikenal oleh masyarakat regional. Sedangkan strategi pemasaran dengan cara menambah jumlah showroom tidak memberikan kontribusi dalam meningkatkan penjualan produk. Proses transaksi yang terjadi saat ini juga menimbulkan masalah, karena mengharuskan produsen dan konsumen bertemu secara langsung. Di sisi lain, perkembangan teknologi, khususnya internet, memberikan banyak kemudahan dalam proses bisnis. Salah satunya dengan mulai dikembangkannya sistem perdagangan secara online yang biasa disebut e-commerce . Sistem ini semakin potensial untuk digunakan, karena sebagian besar masyarakat Indonesia mulai beralih dari menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi menjadi menghabiskan waktu berjam-jam di depan internet. Internet wordstat mencatat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun 2000 hingga 2010 sebesar 1400%. Sedangkan Jawa Timur sendiri selama ini memiliki kontribusi pengguna internet sebesar 30% dari total pengguna internet nasional. Pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian ini, menggunakan konsep e-commerce sebagai media pengembangan pemasaran dan promosi wisata industri. Tools yang digunakan dalam pengembangan sistem e-commerce ini adalah software OSCommmerce . Software ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan dalam proses transaksi secara online . Dengan menggunakan software ini pula dapat ditambahkan informasi promosi wisata industri, yang diharapkan dapat meningkatkan promosi produk kuningan Bondowoso. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem e-commerce yang dikembangkan dengan menggunakan software OSCommmerce . Software OSCommmerce yang dikembangkan telah terintegrasi dengan sistem database dan Content Management System yang memudahkan dalam proses pelaporan dan pengeditan data. Sistem ini dapat mempermudah proses transaksi dan promosi Sentra Industri Kuningan Bondowoso. Pada penelitian berikutnya diharapkan dapat mengangkat industri-industri kecil lain yang membutuhkan sentuhan teknologi dan dapat digunakan software-software e-commerce lain yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/87/ 051101586
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2011 09:36
Last Modified: 20 Apr 2011 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141224
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item