Deteksi Gerakan Kepala Berdasarkan Analisis Bounding Box Pada Citra Digital Berbasis Raspberry Pi

Jamiilah, Muzammilatul (2018) Deteksi Gerakan Kepala Berdasarkan Analisis Bounding Box Pada Citra Digital Berbasis Raspberry Pi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Disabilitas fisik yaitu suatu gangguan pada tubuh seseorang yang bisa membatasi fungsi salah satu anggota tubuh manusia bahkan bisa lebih dan juga mengganggu kemampuan sistem motorik seseorang. Disabilitas fisik dibagi menjadi beberapa bagian yaitu cacat kaki, cacat tangan, dan cacat kaki dan tangan. Apabila terjadi kecacatan pada kedua anggota tubuh tersebut maka akan sulit untuk mengendalikan sesuatu secara mandiri misalnya mengontrol kursi roda elektronik, memilih menu pada monitor, dan lain sebagainya. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian untuk membantu penyandang disabilitas fisik kaki dan tangan agar dapat mempermudah dalam mengontrol alat-alat tersebut. Dalam sistem ini yang dibuat adalah deteksi pergerakan kepala berdasarkan analisis bounding box bagi penyandang disabilitas fisik. Penelitian ini menggunakan kamera logitech C310. Kamera tersebut diletakkan lurus di depan kepala pengguna. Kamera ini digunakan untuk menangkap gerakan kepala pengguna lalu hasil capture akan dikirim ke raspberry yang nantinya akan diproses menggunakan image processing untuk mendeteksi warna kulit dan pergerakan kepala. Langkah selanjutanya adalah mengklasifikasi pergerakan kepala pengguna. Klasifikasi ini menggunakan analisis perhitungan piksel yang merepresentasikan objek pada tiap kuadran dalam bounding box. Dalam bounding box tersebut terdapat 4 kuadran. Keluaran yang dihasilkan pada sistem ini adalah Kontrol LED. Hasil akurasi pengujian pada deteksi warna kulit yang bagus untuk mendeteksi warna kulit wajah adalah jarak 50 cm, 75cm, 100cm, dan 125cm pada waktu pagi dan siang dan juga jarak 50cm, 75cm pada waktu malam. Untuk hasil akurasi pengujian deteksi pergerakan kepala jarak dan waktu yang paling bagus yaitu pada jarak 50 cm pada waktu pagi, siang dan malam dengan presentase keseluruhan sebesar 90.62%. Rata-rata waktu komputasi tiap gerakan untuk kanan sebesar 59.87 ms, untuk kiri sebesar 57.64ms, untuk tegak sebesar 55.72ms, dan untuk menunduk sebesar 44.62 ms. Untuk akurasi integrasi sistem dengan hardware atau LED sebesar 100%.

English Abstract

Disability is divided into various physical disabilities. Physical disability is a disorder of a person's body that can limit the function of part of the human body and can even be more and also interfere with the ability of one's motor system. Physical disability is divided into several parts, namely foot defects, hand defects, and hand and foot defects. If there is a disability in both parts of the body it will be difficult to control something independently such as controlling an electronic wheelchair, choosing a menu on the monitor, and so on. Therefore, research is needed to help people with physical disabilities in the legs and hands so as to make it easier to control these devices. In this system, the detection of head movements is based on the analysis of the bounding box for persons with physical disabilities. This study uses a Logitech C310 camera. The camera is placed straight in front of the user's head. This camera is used to capture the movements of the user's head then the capture results will be sent to raspberry which will later be processed using image processing to detect skin color and head movements. The next step is to classify the movements of the user's head. This classification uses pixel calculation analysis that represents objects in each quadrant in the bounding box. In the bounding box there are 4 quadrants. The output generated in this system is LED Control. Test accuracy results on good skin color detection to detect facial skin color is a distance of 50 cm, 75cm, 100cm, and 125cm at morning and afternoon and also a distance of 50cm, 75cm at night. For the results of accuracy testing the detection of head movement, distance and the best time is at a distance of 50 cm in the morning, afternoon and night with an overall percentage of 90.62%. The average computation time of each movement for the right is 59.87 ms, for the left is 57.64ms, for upright is 55.72ms, and for the down is 44.62 ms. For accuracy of system integration with hardware or LED by 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/841/051811221
Uncontrolled Keywords: disabilitas fisik, Bounding box physical disability, Bounding box
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:52
Last Modified: 25 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14119
[thumbnail of Muzammilatul Jamiilah.pdf]
Preview
Text
Muzammilatul Jamiilah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item