Implementasi Steganografi Dengan Metode Penyisipan Lsb (Least Significant Bit) Dan Image Shuffling

Adhinoto,TeguhPidekso (2011) Implementasi Steganografi Dengan Metode Penyisipan Lsb (Least Significant Bit) Dan Image Shuffling. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Steganografi merupakan seni penyembunyian pesan ke dalam pesan lainnya. Teknik ini meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia. Steganografi pada media digital berupa file citra digunakan untuk mengeksploitasi keterbatasan sistem penglihatan manusia dengan cara menurunkan kualitas warna pada file citra yang belum disisipi pesan rahasia. Sehingga dengan keterbatasan tersebut manusia sulit menemukan gradasi penurunan kualitas warna pada file citra yang telah disisipi pesan rahasia. Pada tugas ahir ini dikembangkan sebuah aplikasi menggunakan algoritma penyisipan LSB dan metode image shuffling untuk melakukan pengacakan terhadap file citra terlebih dahulu sebelum penyisipan pesan ke dalam file citra dilakukan. Pada proses pengujian diketahui bahwa perangkat lunak yang mengimplementasikan steganografi dengan metode penyisipan LSB dan image shuffling telah berhasil dibangun. Kemudian metode penyisipan LSB yang dikombinasikan dengan image shuffling terbukti lebih tahan terhadap steganalisis. Sedangkan ukuran file pesan rahasia dan jumlah LSB yang digunakan berbanding terbalik dengan mutu dan kesamaran citra pembawa. Berdasarkan pengujian perangkat lunak yang dilakukan, diketahui pula bahwa berkas pesan rahasia tidak mengalami perubahan kualitas setelah melalui proses penyisipan dan ekstraksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/680/051200541
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jul 2012 11:22
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141179
[thumbnail of Makalah_Skripsi_-_Lengkap.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi_-_Lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item