Prasetyo,Bagus (2011) Analisis Penggunaan Energi Dan Waktu Pengerjaan Pada Proses Pembuatan Head Of Pressure Vessel Dengan Proses Press Bending. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pressure vessel merupakan salah satu peralatan yang banyak digunakan dalam berbagai industri. Salah satu bagian utama dari pressure vessel adalah head. Belum adanya standar penggunaan energi dan waktu pengerjaan yang benar untuk pembuatan head of pressure vessel pada proses press bending yang dilakukan di PT.Boma Bisma Indra, maka tidak diketahui secara pasti besar penggunaan energi dan waktu pengerjaan. Pada penelitian kali ini di PT.Boma Bisma Indra terdapat dua head of pressure vessel dengan dua dimensi yang sama yaitu Ø3556 mm dengan tebal plat 19 mm, dengan metode pengerjaan dibagi menjadi 6 tahap dimana masing-masing tahap memiliki radius penekanan sendiri dan sudut pembengkokan yaitu sebesar 40o,35o,30o,25o,20o,10o. Hasil dari perhitungan penggunaan energi yang terjadi terdapat perbedaan antara data yang didapat dilapangan dengan perhitungan teoritis, pada data lapangan daya maksimal adalah 29,72 KW dengan konsumsi energi sebesar 1,66 KWh sedangkan menurut perhitungan teoritis daya maksimal adalah 19,36 KW dengan konsumsi energi sebesar 1,08 KWh, perbedaan ini diakibatkan adanya efisiensi mesin, dimana salah satu bagian utama yang paling penting pada mesin yang mempengaruhi efisiensi mesin adalah motor penggerak, selain itu belum adanya metode pengerjaan yang tepat juga dapat mempengaruhi perbedaan keluaran energi tersebut. Pada pembuatan head 1 dan head 2 terdapat perbedaan waktu total pada saat punch melakukan press bending yaitu sebesar 8,4 detik hal ini disebabkan belum ada standar panjang penurunan dan menaikan langkah punch , selain itu dapat juga diakibatkan lama penekanan antara head 1 dan head 2 yang berbeda, selain itu dapat juga diketahui bahwa pembebanan yang diberikan pada motor pada saat press bending adalah sebesar 36%, dengan mengetahui hasil pembebanan ini maka dapat dilakukan penggantian motor dengan daya yang lebih kecil agar didapat efisiensi motor yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2011/642/051200503 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Jul 2012 11:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141138 |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGSAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |