Kajian Jarak Efektif Penempatan Bangunan Ukur Debit Tipe Ambang Lebar Di Hilir Pintu Sorong (Uji Model Fisik Di Laboratorium Hidrolika Saluran Terbuka)

Novani,Erdiana (2011) Kajian Jarak Efektif Penempatan Bangunan Ukur Debit Tipe Ambang Lebar Di Hilir Pintu Sorong (Uji Model Fisik Di Laboratorium Hidrolika Saluran Terbuka). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pintu Pengatur Merupakan Salah Satu Alat Yang Digunakan Untuk Membagi Air Ke Lahan-Lahan Pertanian Yang Ada Di Suatu Jaringan Irigasi. Untuk Memudahkan Dalam Mengeksploitasi Pintu Maka Diperlukan Adanya Bangunan Ukur Di Hilir Pintu. Perletakan Yang Salah Akan Menyebabkan Keberadaan Bangunan Ukur Tersebut Menjadi Tidak Efisien. Berdasarkan Uraian Di Atas, Dilakukan Penelitian Untuk Mengetahui Jarak Efektif Penempatan Bangunan Ukur Di Hilir Pintu Dengan Menggunakan Peraga Saluran Terbuka Segi Empat, Model Berupa Pintu Sorong Dan Bangunan Ukur Ambang Lebar. Penelitian Ini Difokuskan Pada Perubahan Apa Yang Terjadi Pada Kondisi Aliran Di Pintu Sorong Pada Saat Diletakkan Bangunan Ukur Ambang Lebar Di Bagian Hilirnya. Analisa Didasarkan Atas Pendekatan Statistik Dari Hubungan Variabel-Variabel Yang Disertakan Dalam Rancangan Penelitian Dan Disajikan Dalam Bentuk Grafik Dan Persamaan. Agar Hasil Penelitian Dapat Diterapkan Dilapangan Maka Digunakan Analisa Dimensi Dengan Metode Matriks Langhaar. Dari Hasil Penelitian Didapatkan Grafik Perubahan Ho/A’ Setelah Pemasangan Bangunan Ukur Dengan Ho/A Sebelum Pemasangan Bangunan Ukur. Selanjutnya Jarak Penempatan Bangunan Ukur (Ls) Dapat Dicari Dengan Menggunakan Grafik Hubungan Ho/A Setelah Pemasangan Bangunan Ukur Dengan Ls/A. Untuk Bilangan Froude 1 – 3,5 Pada Kondisi Aliran Sebelum Pemasangan Bangunan Ukur Ambang Lebar Jarak Penempatan Ambang Dapat Dicari Dengan Menggunakan Grafik Hubungan Bilangan Froude Dengan Ls/A Atau Dengan Persamaan. Sehingga Dengan Menggunakan Langkah-Langkah Tersebut Pada Penelitian Di Model Fisik Didapatkan Jarak Efektif Penempatan Ambang (Ls) 3,99 M – 4,23 M Dari Pintu. Sebelum Pemasangan Bangunan Ukur Kondisi Aliran Di Hilir Pintu Adalah Bebas Dengan Nilai Froude Fr > 1. Setelah Pemasangan Kondisi Aliran Di Hilir Pintu Adalah Tenggelam Dengan Batas H1 < 0,7 Ho Dengan Nilai Froude Fr < 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/641/051200502
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2012 13:32
Last Modified: 21 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141137
[thumbnail of BAB_II_vany.pdf]
Preview
Text
BAB_II_vany.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan.pdf]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_pengesahan_skripsi_VANI.pdf]
Preview
Text
Lembar_pengesahan_skripsi_VANI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Peruntukan_vani.pdf]
Preview
Text
Lembar_Peruntukan_vani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item