Pengaruh Wire Feed Rate Terhadap Kepresisian Geometri Profil Gigi Involute Pada Pembuatan Spur Gear Menggunakan Wire EDM.

Nugraha, RoberthaAdi (2011) Pengaruh Wire Feed Rate Terhadap Kepresisian Geometri Profil Gigi Involute Pada Pembuatan Spur Gear Menggunakan Wire EDM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wire EDM merupakan salah satu mesin yang memiliki kepresisian tinggi, mesin ini digunakan untuk membentuk komponen-komponen mesin yang memiliki bentuk komplek dan membutuhkan kepresisian tinggi. Salah satu parameter pemesinan yang mempengaruhi kepresisian pada Wire EDM adalah Wire Feed Rate . Dan bentuk profil involute pada roda gigi merupakan bentuk yang memiliki kerumitan serta kepresisian tinggi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahi sejauh mana pengaruh Wire Feed Rate terhadap kepresisian geometri profil gigi involute pada pembuatan Spur Gear menggunakan Wire EDM . Penelitian ini menggunakan metode ekperimental, variabel bebas yang digunakan adalah Wire Feed Rate dengan variasi (mm/s) : 4,9 ; 5,9 ; 6,9 ; 7,9 dan 8,9. Variabel terikat pada penelitian ini adalah penyimpangan geometri profil involute yang nantinya akan menjelaskan sejauh mana kepresisiannya. Hasil dari penelitian menunjukkan semakin tinggi nilai wire feed rate maka penyimpangan geometri profil involute akan semakin besar, yang berarti kepresisiannya semakin rendah. Penyimpangan terendah yang berarti kepresisian tertinggi terjadi pada variasi wire feed rate 4,9 mm/s yaitu sebesar 0,0383 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/621/ 051105384
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Feb 2012 10:35
Last Modified: 29 Feb 2012 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141123
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item