Analisis Hubungan Produktivitas dan Kualitas terhadap Kinerja Perusahaan Akibat Penerapan Total Productive Maintenance di PG Djombang Baru,

Saputra, Davit (2011) Analisis Hubungan Produktivitas dan Kualitas terhadap Kinerja Perusahaan Akibat Penerapan Total Productive Maintenance di PG Djombang Baru,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PG. Djombang baru merupakan salah satu pabrik gula di bawah manajemen PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X). Salah satu program dari PTPN X adalah menjadikan seluruh perusahaanya menjadi world class company . Untuk mencapai target tersebut PG. Djombang baru menerapkan sistem Total Productive Maintenance (TPM). TPM adalah suatu konsep program pemeliharaan fasilitas produksi perusahaan yang melibatkan seluruh tenaga kerja melalui aktivitas kelompok kecil. Dalam mencapai keberhasilan TPM, kinerja perusahaan merupakan elemen penting dari PG. Djombang baru yang harus terus mengalami peningkatan. Untuk mencapai peningkatan kinerja perusahaan, PG. Djombang baru terus berupaya meningkatkan kinerja mesinya. Dalam penelitian ini, dilakukan proses analisis seberapa besar nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) dengan melakukan rekapitulasi data dan melakukan pengamatan langsung pada mesin selama waktu penelitian. Pengukuran kinerja perusahaan dilakukan dengan mengetahui seberapa besar hubungan produktivitas dan kualitas dalam mempengaruhi kinerja perusahaan yang diukur dengan melakukan pengolahan data kuisioner. Dalam pengambilan data kuisioner, produktivitas dibagi menjadi 4 variabel penyusun, kualitas dibagi menjadi 3 variabel penyusun dan kinerja perusahaan dibagi menjadi 3 variabel penyusun. Variabel-variabel penyusun tersebut digunakan sebagai input dari software Amos rel. 18 sehingga dapat diketahui nilai hubungan antar variabel. Dari hasil penelitian yang dilakukan di PG. Djombang baru pada periode giling 1 sampai 13, 2010, menunjukkan penerapan TPM di PG. Djombang baru masih belum optimal dengan nilai rata-rata 21.08%. Persentase terbesar berada pada periode 4 sebesar 26.13% dan terendah pada periode 9 sebesar 16.53%. dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas dengan kinerja perusahaan serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara produktivitas dengan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/547/ 051104843
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2012 15:30
Last Modified: 15 Feb 2012 15:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item