Pengaruh Serbuk Kaca Terhadap Distribusi Kekerasan dan Cacat Porositas pada Cylinder Liner Berbahan Al-Si-Mg Hasil Pengecoran Sentrifugal.

Arfianto, MuhammadRizal (2011) Pengaruh Serbuk Kaca Terhadap Distribusi Kekerasan dan Cacat Porositas pada Cylinder Liner Berbahan Al-Si-Mg Hasil Pengecoran Sentrifugal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aluminium merupakan logam yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aluminium memiliki sifat yang ringan, tahan aus, mudah dalam pengerjaan lanjut dan merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Namun Aluminium memiliki kekerasan yang rendah. Salah satu cara meningkatkan kekerasan dengan metode MMC ( Metal Matrix Composite ). MMC adalah metode yang digunakan yang berfungsi untuk mengubah sifat pada logam/metal. Dalam penelitian ini serbuk kaca sebagai penguat dan Aluminium sebagai matrix . Pada penelitian ini, cetakan yang digunakan adalah cetakan sentrifugal karena benda yang akan dibentuk adalah Cylinder Liner . Permasalahan yang akan diteliti adalah sejauh mana pengaruh penambahan serbuk kaca sebagai komposit terhadap distribusi kekerasan dan cacat permukaan pada Cylinder Liner hasil pengecoran sentrifugal. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan data kekerasan pada Cylinder Liner dengan komposisi serbuk kaca 0%, 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% fraksi berat. Data kekerasan rata-rata yang didapat adalah pada komposisi 5% mencapai kekerasan tertinggi, yaitu dengan rata-rata sebesar 93,84 VHN, dengan kurva berbentuk parabola terbuka ke bawah. Sedangkan pada cacat porositas prosentase porositas mengalami penurunan dari 0% hingga 5%, dan kemudian naik hingga 10% atau komposisi tertinggi pada penelitian ini. Semakin kecilnya porositas berpengaruh terhadap kekerasan spesimen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/529/ 051104606
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Feb 2012 15:43
Last Modified: 08 Feb 2012 15:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141031
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item