Evaluasi Kinerja Lalu Lintas di Persimpangan Utama dan Ruas Jalan Karanglo-Pendem Kabupaten Malang

Arisonny, MRozie (2011) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas di Persimpangan Utama dan Ruas Jalan Karanglo-Pendem Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruas jalan Karanglo – Pendem merupakan jalan kolektor yang menghubungkan Kota Batu dengan wilayah lainnya di Jawa Timur. Adanya pertumbuhan pariwisata Kota Batu yang meningkat pesat menimbulkan pengaruh besar terhadap kinerja lalu lintas persimpangan utama dan ruas jalan Karanglo – Pendem. Dengan pertumbuhan lalu lintas yang cukup tinggi setiap tahun akan menambah beban lalu lintas yang harus diakomodasi ruas jalan ini. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi kinerja untuk memprediksikan kondisinya di masa yang akan datang sekaligus memberikan arahan pengembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan pada ruas Karanglo – Pendem serta untuk memprediksi pengaruh pertumbuhan lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan Karanglo – Pendem sampai 5 tahun yang akan datang sekaligus memberikan alternatif penanganan agar tingkat pelayanan ruas Karanglo – Pendem tetap terjaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis pengaruh dengan menghitung dan memprediksi kinerja jalan akibat pertumbuhan lalu lintas yang disebabkan oleh pertumbuhan perekonomian Kota Batu. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk ruas jalan Pendem-Karangploso mengalami penurunan tingkat pelayanan menjadi D pada tahun 2014 dan menjadi E pada sampai akhir tahun peramalan. Untuk kinerja simpang Karanglo semakin menurun seiring pertumbuhan lalu lintas tingkat pelayanan D pada tahun 2011 sedangkan untuk kinerja simpang Karangploso hingga akhir tahun peramalan tidak membutuhkan perbaikan apapun. Untuk Simpang Pendem tingkat pelayanan F. Upaya peningkatan kinerja lalu lintas secara umum dilakukan dengan dua metode yaitu manajemen lalu lintas dan perubahan geometrik. Manajemen lalu lintas dilakukan dengan optimasi pengaturan, sedangkan perubahan geometik dilakukan untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mendapatkan tingkat pelayanan paling baik. Penanganan pada lalu lintas jalan dilakukan bila selama periode kajian (5 tahun) tingkat pelayanannya sudah di bawah kategori C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/517/ 051104505
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jan 2012 09:54
Last Modified: 30 Jan 2012 09:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141019
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item