Perancangan Game Educatin ‘Game Aquarium” dengan Metode Peer to Peer Berbasis Mobile Technology.

Rachmawati, Rizkina (2011) Perancangan Game Educatin ‘Game Aquarium” dengan Metode Peer to Peer Berbasis Mobile Technology. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gamemerupakan salah satu aplikasi yang cukup menarik minat para pengguna telepon genggam. Game yang hanya dapat dimainkan seorang diri akan membuat pemain cepat mengalami kebosanan, sedangkan Game multiplayer membutuhkan biaya lebih karena menggunakan biaya untuk koneksi. Dari permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem permainan multiplayer yang tidak membutuhkan biaya lebih untuk koneksi dengan menggunakan koneksi bluetooth, serta mengurangi ketimpangan dalam permainan dengan metode komunikasi data secara peer to peer yang memberikan beban sama kepada sistem yang terhubung. Perancangan dan implementasi aplikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME. Proses jalannya permainan dijalankan oleh klas GamePlay yang merupakan klas implementasi dari algoritma logika game. Aplikasi game “Game Aquarium” merupakan game education. Algoritma menu memberikan dua pilihan yaitu ‘main’ untuk memulai permainan, dan ‘help’ untuk pilihan bantuan untuk alur permainan. Permainan ini berupa Game Multiplayer dimana terdapat dua user yang salung berinteraksi melalui device masing-masing yaitu telepon genggam. Telepon genggam tersebut harus dilengkapi dengan fasilitas Bluetooth , yaitu layanan pengiriman data dengan jarak terbatas. Game ini diatur sedemikian rupa agar dapat dimainkan oleh hanya sebatas dua orang saja dan terhubung dengan bluetooth . Masing-masing user berfungsi sebagai host dan guest . Data yang dikirim dari user pertama dapat langsung diterima dan dibaca oleh user kedua, begitu juga sebaliknya. Pengujian unit dan integrasi dilakukan terhadap beberapa bagian system untuk mengetahui unjuk kerja dan performa bagian-bagian system baik secara independen maupun dalam kesatuan fungsi tertentu. Pengujian performan system juga dilakukan terhadap system secara keseluruhan untuk mengetahui kemampuan system secara utuh. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap performa aplikasi menunjukkan bahwa Aplikasi Game “Education” untuk Telepon Genggam dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/515/ 051104503
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Feb 2012 14:13
Last Modified: 24 Feb 2012 14:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141017
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item