Perpustakaan Umum Kota Malang dengan Konsep Pembelajaran,

Efendy, Ahmad (2011) Perpustakaan Umum Kota Malang dengan Konsep Pembelajaran,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gagasan awal mengenai perancangan Perpustakaan Umum Kota Malang dengan konsep learning center ini , berdasarkan adanya isu-isu, potensi kendala dan masalah yang dewasa ini, mengenai masih rendahnya minat dan budaya membaca masyarakat Indonesia yang berbanding lurus dengan rendahnya sumber daya manusia Indonesia, dimana perpustakaan umum kota yang menjadi salah satu sarana untuk meningkat minat dan budaya masyarakat Indonesia banyak yang tidak memadai. Akibat tidak memadainya perpustakaan umum kota yang ada, beberapa perpustakaan mengalami penurunan bahkan tidak ada pengunjung, dimana perpustakaan yang ada dari segi sarana dan layanan yang ada sudah tidak sebanding dengan kondisi kuantitas dan keadaan sekarang, seperti tidak sebandingnya jumlah koleksi dan sarana perpustakaan dengan jumlah pengunjug. Semua yang terjadi lebih pada akibat kurangnya pengetahuan akan peraturan yang benar tentang penyelenggaraan bangunan perpustakaan umum dan tidak tentunya biaya operasional yang diberikan pemerintah yang cenderung menurun bukan meningkat.sehingga menghambat perkembangan dan peningkatan kualitas dan layanan daripada perpustakaan. Kota Malang sebagai kota pendidikan dan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki perpustakaan umum terbaik ke dua di Indonesiapun tidak luput dari masalah yang ada di atas, sehingga dapat dikatakan perpustakaan yang kualitasnya di bawahnya tentunya megalami masalah yang lebih serius. Untuk itu atas dasar-dasar di atas, perlu adanya sebuah solusi atas masalah yang terjadi, yaitu menciptakan perpustakaan umum kota sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya meskipun dukungan pemerintah kurang maksimal. Konsep learning center adalah salah satu solusi pemecahan masalah yang ada di atas, dimana dengan diaplikasikan bersama peraturan pemerintah penyelenggaraan perpustakaan umum pada perancangan perpustakaan umum kota, nantinya akan memberikan jawaban masalah, dimana dengan konsep tersebut perpustakaan akan lebih optimal dari keadaan sekarang, hal ini dikarenakan adanya efek-efek yang diberikan daripada konsep tersebut salah satunya kerjasama dengan pihak swasata yang berdampak pada kemandirian, sehingga perpustakaan yang ada tidak akan terlalu tergantung lagi kepada pemerintah dan dengan dukungan peraturan yang ada akan menjadikan perpustakaan umum nantinya lebih memadai dan mengembalikan kunjungan perpustakaan yang sempat menurun. Atas potensi yang dimiliki Kota Malang dan tentunya perpustakaan yang dimilikinya dapat menjadi contoh aplikasi perancangan perpustakaan umum dengan konsep learning center tersebut. Untuk perancangangannya sendiri dilakukan dengan tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa data, sintesa dan perancangan dengan metode penulisan deskriptif dan metode pembahasan. Selain itu juga dengan menggunakan metode, pemograman, kanonik, fungsional, tipologi dan metode perhitungan. Akhir kata diharapkan hasil rancangan ini dapat dignakan sebagai salah satu sumber masukan substansial dalam pembuatan kajian publik terkait pembangunan perpustakaan umum kota yang sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku dan tentunya penerapan konsep learning center, sehingga dapat dijadikan salah satu solusi kepada pihak-pihak yang terkait dalam meningkatkan kualitas perpustakaan yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/507/ 051104410
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2012 14:27
Last Modified: 02 Feb 2012 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item