Budianto, Arif (2011) Evaluasi Kondisi Jalan Dengan Metode ASTM D 6433-07 dan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Kota Kepanjen),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemindahan letak ibu kota Kabupaten Malang ke Kepanjen tentunya akan semakin menimbulkan kepadatan lalu lintas dikarenakan Kepanjen memiliki beberapa ruas jalan penting yang menghubungkan kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain. Tingkat kepadatan lalu lintas yang meninggi tentunya akan berdampak langsung terhadap tingkat kerusakan permukaan jalan. semakin tinggi tingkat kepadatan lalu lintas yang ada maka kemungkinan terjadinya kerusakan pada jalan semakin tinggi pula. Oleh karena itu, tentunya perlu dilakukan suatu evaluasi kondisi jalan terhadap permukaan jalan tersebut. Evaluasi nilai kondisi jalan dilakukan pada semua ruas jalan provinsi dan kabupaten yang berada di Kota Kepanjen. Metode evaluasi kondisi jalan dengan menggunakan Metode ASTM D 6433-07 dan juga Metode Bina Marga. Metode ASTM D 6433-07 menghasilkan nilai Pavement Condition Index (PCI), sedangkan Metode Bina Marga menghasilkan nilai UP (Urutan Prioritas). Metode ASTM D 6433-07 dipilh karena dapat menetukan tingkat keparahan dari kerusakan jalan (Severity Level), sedangkan Metode Bina Marga dapat menghasilkan nilai persentase kerusakan jalan. Selanjutnya dilakukan penerapan Sistem Informasi Geografi untuk mengetahui nilai kondisi jalan. Hasil evaluasi menurut Metode ASTM D 6433-07 menunjukkan kondisi jalan dengan nilai istimewa sebanyak 7 (tujuh) ruas jalan, yaitu Kolonel Slamet Supriyadi, Sultan Agung, Panji, Turen-Kepanjen, Kepajen – Cepokomulyo, Panggungrejo-Jenggolo, Ngadilangkung – Kepanjen. Kondisi jalan yang sangat baik terdapat 1 (satu) ruas, yaitu ruas Palaan – Talangagung. Serta yang terakhir adalah kondisi jalan yang baik sebanyak 3 (tiga) ruas jalan, yaitu Malang-Blitar, Sengguruh – Kanigoro dan Panarukan – Curungrejo. Evaluasi kondisi jalan menurut Metode Bina Marga menunjukkan sebanyak 3 (tiga) ruas jalan dengan nilai UP (Urutan Prioritas ) 9 (Sembilan) yaitu ruas Kolonel Slamet Supriyadi, Sultan Agung dan Panji. Kemudian terdapat 1 (satu) ruas jalan dengan nilai UP 10 (sepuluh) yaitu ruas jalan Turen-Kepanjen. Sebanyak 1 (satu) ruas dengan nilai UP 6 (enam) yaitu ruas Kepanjen-Cepokomulyo. Selanjutnya terdapat 1 (satu) ruas dengan nilai UP 5 (lima) yaitu ruas Panggungrejo – Jenggolo, Sebanyak 1 (satu) ruas dengan nilai UP 4 (empat) yaitu ruas Palaan – Talangagung, 2 (dua) ruas dengan nilai UP 2(dua) yaitu ruas Sengguruh – Kanigoro dan Panarukan – Curungrejo. Kemudian terdapat 2 (ruas) dengan nilai UP 1 (satu) yaitu ruas jalan Raya Malang-Blitar dan Ngadilangkung – Kepanjen. Tipe pemeliharaan yang digunakan pada 11 ruas jalan di Kota kepanjen menurut Metode Bina Marga terdapat 4 (empat) ruas jalan dengan pemeliharaan rutin, yaitu ruas jalan Slamet Supriyadi, Sultan Agung, Panji, Turen-Kepanjen. Sedangkan program pemeliharaan berkala sebanyak 3 (tiga) ruas jalan yaitu, ruas jalan Kepajen – Cepokomulyo, Panggungrejo – Jenggolo, Palaan – Talangagung. Sedangkan untuk program peningkatan sebanyak 4 (empat) ruas jalan, yaitu ruas jalan Raya Malang-Blitar, Sengguruh – Kanigoro, Panarukan – Curungrejo dan Ngadilangkung – Kepanjen. Penerapan Sistem Informasi Geografi untuk mengetahui nilai kondisi jalan dilakukan dengan cara membuat 2 (dua) layer yang masing-masing layer menunjukkan nilai PCI dan nilai UP (Urutan Prioritas). Untuk layer PCI, diwarnai sesuai dengan rating berdasarkan metode ASTM D6433-7, yaitu hijau tua untuk kategori istimewa (excellent) , hijau muda untuk kategori sangat baik (very good) , kuning untuk kategori baik (good) , orange untuk kategori sedang (fair) , medium red untuk kategori jelek (poor) , merah gelap untuk kategori sangat jelek (very poor) , dan abu-abu untuk kategori gagal (failed). Sedangkan untuk layer nilai Urutan Prioritas Metode Bina Marga, diwarnai hijau muda untuk program pemeliharaan rutin, kuning untuk pemeliharaan berkala dan merah untuk program peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2011/506/ 051104409 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Feb 2012 11:57 |
Last Modified: | 03 Feb 2012 11:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141009 |
Actions (login required)
View Item |