Analisa Perubahan Mikrostruktur Akibat Temperatur Operasi dan Memperkirakan Sisa Umur Tube Reformer (Studi Kasus di PT. PERTAMINA RU VI Balongan)

Rekasoma, Ageng (2011) Analisa Perubahan Mikrostruktur Akibat Temperatur Operasi dan Memperkirakan Sisa Umur Tube Reformer (Studi Kasus di PT. PERTAMINA RU VI Balongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menispisnya cadangan sumber energy fosil terutama minyak bumi tentunya menjadi permasalahan yang besar untuk kehidupan modern sekarang ini. Untuk itu perlu dilakukan perawatan dan perhatian khusus pada peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengolah minyak bumi tersebut, antara lain pada tube reformer pengolahan minyak bumi. Untuk itu perlu dilakukan suatu pendekatan yang bertujuan memperkirakan sisa umur tubes sebelum tubes tersebut gagal atau rusak. Dilakukan pengkajian perkiraan sisa umur dari tube reformer dengan Uji Tanpa Merusak (UTM) yang dilakukan untuk mengetahui kondisi struktur mikro dari tube reformer yang bekerja pada suhu tinggi. Ada beberapa metode pendekatan yang digunakan dalam pengkajian pipa reformer ini. Yang pertama dari perkembangan cacat rongga yang dilihat dari foto mikro struktur melalui teknik replica , yang kedua dari perubahan spheroid dari material pipa tersebut akibat pipa bekerja pada suhu tinggi, yang ketiga dari kondisi bugling yang dialami pipa,dan yang terakhir adalah melalui berkurangnya autenasi dari sinyal yang sengaja dilewatkan melalui material pipa. Dari hasil pengkajian hasil uji tanpa merusak yang dilakukan pada tubes reformer milik PT Pertamina RU IV Balongan didapatkan perkiraan sisa umur dari pipa berdasarkan perkembangan cacat rongga 8.25 tahun,dan yang kedua melalui perubahan spheroid yang terjadi adalah 4.05 tahun, yang ketiga melalui berkurangnya autenasi adalah 11.14 tahun dan yang terakhir melalui sudut pandang besar bugling yang terjadi adalah 11.35 tahun. Dari keempat hasil perhitungan tadi digunakan hasil perhitungan yang terkecil sebagai hasil akhir perkiraan sisa umur dari tubes reformer dan kemungkinan faktor yang paling berpengaruh, yaitu hasil perhitungan sisa umur pipa berdasarkan perubahan spheroid yang terjadi pada pipa, 4.05 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/498/ 051104389
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2012 15:53
Last Modified: 01 Mar 2012 15:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141000
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item