Implementasi Protokol 6lowpan Pada Purwarupa Wireless Sensor Nodes

Akhmadi, Faisal (2018) Implementasi Protokol 6lowpan Pada Purwarupa Wireless Sensor Nodes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi Wireless Sensor Network (WSN) muncul sebagai sebuah konfigurasi jaringan yang mampu menyediakan solusi untuk beragam aplikasi dalam berbagai situasi yang sulit atau tak terduga. Jaringan ini telah banyak digunakan di berbagai sektor yang membutuhkan deteksi perubahan lingkungan fisik atau kimia. Secara umum ada dua standar komunikasi wireless yang digunakan dalam WSN, yaitu IEEE 802.11 dan IEEE 802.15.4. Masing-masing standar tersebut mampu menghadirkan penggunaan Internet Protocol (IP) pada perangkat WSN. Penggunaan protokol IP pada WSN akan membawa berbagai keuntungan yang sama dengan IP pada jaringan komputer yang telah lama digunakan, dengan berbagai mekanisme dan protokol yang telah dikembangkan, divalidasi dan digunakan operasional. Dengan tidak adanya blok alamat IPv4 yang tersedia, penggunaan alamat IPv6 harus segera dimulai. Tetapi, untuk membawa IPv6 ke WSN akan terhambat dengan terbatasnya sumber daya. Standar IEEE 802.15.4 memungkinkan perangkat dengan daya rendah dan koneksi yang terbatas (lossy network) untuk terhubung dengan IP network. Konsep IPv6 over Low-power Wireless Personal Area Network (6LoWPAN) hadir untuk memungkinkan implementasi protokol internet ke perangkat yang kecil sekalipun. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan implementasi purwarupa wireless sensor menggunakan MRF24J40MA sebagai modul radio transceiver yang menggunakan 6LoWPAN sebagai protokol komunikasinya. Ada fitur yang disematkan dalam sistem ini yang memungkinkan sensor node mengetahui alamat IP server tanpa konfigurasi manual. Perangkat keras yang digunakan dalam penelitian ini adalah Raspberry Pi dan MRF24J40MA. Akan dibahas mengenai bagaimana pemasangan MRF24J40MA hingga bisa digunakan untuk media komunikasi menggunakan protokol 6LoWPAN. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, sistem yang telah dibuat dapat berjalan sesuai fungsional dan bisa menggunakan 6LoWPAN sebagai protokol komunikasi.

English Abstract

In line with the development of technology Wireless Sensor Network (WSN) is used as a network that is able to provide solutions for various applications in various unexpected difficulties. This network has been widely used in various sectors that require physical or chemical environments. In general, there are two wireless communication standards in WSN, namely IEEE 802.11 and IEEE 802.15.4. Each standard uses Internet Protocol (IP) on WSN devices. The use of the IP protocol at WSN will produce various benefits similar to IP on a long computer network, with various kinds and that have been developed, validated and operational. In the absence of blocks of available IPv4 addresses, the use of IPv6 addresses must begin immediately. However, to bring IPv6 to WSN will be hampered by limited resources. The IEEE 802.15.4 standard allows devices with low power and limited connections to connect to an IP network. The concept of IPv6 over Low-power Wireless Personal Area Network (6LoWPAN) is here to enable the implementation of internet protocols to even small devices. In this study, the design and implementation of a wireless sensor prototype using MRF24J40MA as a transceiver radio module that uses 6LoWPAN as the communication protocol is carried out. There are features added in this system that allow the sensor node to know the server's IP address without manual configuration. The hardware used in this study is Raspberry Pi and MRF24J40MA. Also discussed about how to install MRF24J40MA so that it can be used for communication media using the 6LoWPAN protocol. The test results from this study indicate that overall, the system that has been made can run functionally and can use 6LoWPAN as a communication protocol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/702/051808615
Uncontrolled Keywords: 6LoWPAN, WSN, multicast, Raspberry Pi, MRF24J40MA
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:06
Last Modified: 22 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14100
[thumbnail of Faisal Akhmadi.pdf]
Preview
Text
Faisal Akhmadi.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item