Aplikasi Pemrograman Geoslope (Geo5) Pada Perencanaan Penanggulangan Longsoran Di Dusun Songkorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang (Studi Kasus dengan Pemakaian Konstruksi Turap).

Ratnawati, PebrinaFajar (2011) Aplikasi Pemrograman Geoslope (Geo5) Pada Perencanaan Penanggulangan Longsoran Di Dusun Songkorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang (Studi Kasus dengan Pemakaian Konstruksi Turap). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanah yang berada di wilayah Dusun Songkorejo, Kecamatan Ngantang merupakan wilayah perbukitan. Semakin lama seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang membutuhkan lahan untuk pemukiman, keberadaan lahan terbuka hijaupun semakin berkurang. Hal ini telah berpengaruh pada karakteristik tanah yang ditandai dengan beberapa kali peristiwa longsor, Hal ini terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir pada daerah tersebut. Salah satu cara untuk mengantisipasi gerakan tanah tersebut adalah dengan membangun dinding turap di bagian lereng yang longsor, sehingga efektif untuk menghambat turunnya material tanah yang longsor. Penelitian geoteknik terhadap longsoran di Dusun Songkorejo, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang bertujuan untuk memahami mekanisme longsoran dan cara penanggulangannya. Pada penelitian ini zona longsoran diperoleh dari pemetaan topografi, pengeboran lapangan , dan uji laboratorium antara lain kadar air, perhitungan nilai triaksial , density test , dan specific gravity (GS). Parameter-parameter tersebut dibutuhkan dalam perhitungan angka keamanan lereng. Parameter utama yang dibutuhkan antara lain nilai kohesi (c), sudut geser (ϕ) dan berat jenis tanah (γ). Analisis stabilitas lereng dengan program slope stability /Geo5 menggunakan metode Fellenius dan menghasilkan bidang longsor dengan angka keamanan = 0.96. Sementara pada program Geostudio 2004 menghasilkan angka keamanan lereng = 0.515 dan berdasarkan perhitungan manual dengan metode Fellenius didapatkan angka keamanan lereng = 0.494. Penanggulangan lereng dengan cara menggunakan sheet pile dilakukan dengan perhitungan pada program Geo5, maka diperoleh kedalaman penetrasi 8.23 meter dan momen maksimum 143,44 kN.m/m. Oleh karena itu digunakan sheet pile baja tipe FSP-IV dengan panjang 12.23 m dan kedalaman penetrasi 8.23 m. Untuk mengecek hasil FS tersebut maka digunakan perhitungan manual dengan metode Fellenius. Dalam analisis perhitungan dengan metode Fellenius, telah ditinjau beberapa section letak sheet pile pada lereng. Pada tinjauan pertama didapatkan angka keamanan lereng 0.494. Setelah dipasang sheet pile angka keamanan lereng meningkat menjadi 2.3502. Pada tinjauan kedua didapatkan bidang longsor kritis dengan angka keamanan lereng 0.468, setelah dipasang sheet pile angka keamanan lereng meningkat menjadi 2.776. Pada tinjauan ketiga didapatkan bidang longsor kritis dengan angka keamanan lereng 0.492, setelah dipasang sheet pile angka keamanan lereng meningkat menjadi 4.471. Hal ini menunjukkan bahwa dengan dipasang sheet pile pada lereng Jombok tersebut dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan angka keamanan lereng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/484/ 051104375
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2012 12:01
Last Modified: 22 Feb 2012 12:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140989
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item