Sentika, Dimasqy,Adam (2011) Pengoptimalan Rute Transportasi Distribusi Dengan Clarke-Wright Saving Approach Pada PT. X Pandaan Jawa Timur,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. X merupakan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) dengan A sebagai produk utamanya. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah masih banyak terjadinya pemborosan dalam pendistribusian produknya, terlihat dari kurang efisiennya rute pendistribusian yang ada selama ini. Dalam sistem pendistribusian yang selama ini digunakan oleh PT. X, moda transportasi hanya mendistribusikan produk pada satu depo atau agen saja dan setelah itu moda transportasi kembali lagi menuju pabrik untuk kemudian mengambil produk dan mendistribusikannya ke depo atau agen lain. Hal ini tentu saja merupakan pemborosan, baik pemborosan waktu maupun bahan bakar. Hal tersebut mengakibatkan sistem distribusi PT. X tidak efisien dan efektif serta dibutuhkan biaya besar dalam pendistribusian produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menentukan rute pendistribusian produk yang lebih baik dengan memperhatikan penggunaan kapasitas kendaraan yang optimal untuk meminimasi biaya transportasi dengan Clarke-Wright Savings Approach . Metode penentuan rute yang digunakan dalam penelitian ini adalah Clarke-Wright Savings Approach yang selanjutnya setelah rute awal telah diketahui, dilanjutkan dengan pengurutan rute menggunakan metode Farthest Insert, Nearest Insert , dan Nearest Neighbor yang nantinya akan dipilih manakah dari ketiga metode tersebut yang menghasilkan rute paling optimal. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari penghitungan biaya sebelum pengaplikasian Clarke-Wright Savings Approach , penghitungan Clarke-Wright Savings Approach , dan biaya setelah pengaplikasian Clarke-Wright Savings Approach yang setelah itu akan dilakukan perbandingan biaya yang harus dikeluarkan sebelum dan setelah pengaplikasian Clarke-Wright Savings Approach untuk mengetahui berapa penghematan yang didapatkan. Setelah perhitungan dengan Clarke-Wright Savings Approach dihasilkan rute distribusi yang lebih optimal terlihat dari penghematan yang didapat yaitu kendaraan yang dipakai sejumlah 40 kendaraan mengalami penghematan 45%, sehingga kendaraan yang dipakai hanya 22 kendaraan, jarak awal distribusi yang ditempuh adalah 7121,8 km, mengalami penghematan 13,95%, sehingga jarak tempuhnya menjadi 6128 km, Waktu tempuh awal adalah 142,436 jam, mengalami penghematan 13,95, sehingga waktu tempuhnya menjadi 122,554 jam, dan Biaya awal pendistribusian produk sebesar Rp17.335.023,68 mengalami penghematan 28,42%, sehingga biaya akhir pendistribusian produk menjadi sebesar Rp13.499.031,19. Oleh karena itu, diusulkan kepada perusahaan untuk mengaplikasian rute distribusi yang dihasilkan dari perhitungan Clarke-Wright Savings Approach.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2011/405/ 051104028 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 10:52 |
Last Modified: | 20 May 2022 08:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140910 |
Text
Adam Sentika Dimasqy.pdf Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |