Perancangan Alat Pengaman dan Starter pada Mesin Sepeda Motor menggunakan SMS Berbasis Mikrokontroller,

RedityaBS, Angga (2011) Perancangan Alat Pengaman dan Starter pada Mesin Sepeda Motor menggunakan SMS Berbasis Mikrokontroller,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hampir semua lapisan masyarakat mempunyai kendaraan bermotor sebagai alat transportasi. Akan tetapi, pemilik masih merasa khawatir ketika meninggalkan kendaraannya karena semakin banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor. Seringkali pemiliknya terlambat mengetahui bahwa sepeda motornya telah hilang karena alat pengaman yang dipasang tidak dilengkapi dengan media pemberi informasi langsung kepada pemiliknya bahwa sepeda motornya telah dicuri. Untuk mengatasi hal itu maka diperlukan sebuah sistem pengaman yang dapat mengontrol peralatan tanpa dibatasi oleh jarak yaitu dengan menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan teknologi sms ( short message service ) melalui handphone, dalam hal ini ditunjukkan untuk pengaman sepeda motor yang dilengkapi dengan alarm. Rancangan sistem ini terdiri atas beberapa rangkaian penyusun, diantaranya rangkaian keypad untuk memasukkan nomer handphone , Rangkaian pengendali utama yang menggunakan mikrokontroler AT89S52, rangkaian LCD sebagai tampilan, rangakaian driver relay yang digunakan sebagai saklar dan rangkaian koneksi handphone sebagai pengendali jarak jauh. Komunikasi serial antara handphone dengan mikrokontroler menggunakan baudrate 19200 bps. Rancangan sistem starter mesin otomatis dengan menggunakan SMS ini terdiri atas beberapa rangkaian penyusun, diantaranya rangkaian detektor mesin, rangkaian relay starter, rangkaian relay On/off, serta rangkaian detektor gigi persnelling digunakan untuk mendeteksi kondisi netral atau tidak netral. Proses pengiriman SMS dilakukan dengan perintah AT+CMGS. SMS yang dikirim dalam fomat PDU Hasil dari penelitian ini berupa sistem pengaman dan starter otomatis pada kendaraan bermotor serta dapat memberikan peringatan dini jika terjadi perusakan pada kunci kontak sepeda motor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/399/ 051104022
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Dec 2011 09:55
Last Modified: 20 May 2022 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140904
[thumbnail of ANGGA REDITYA B.S.pdf] Text
ANGGA REDITYA B.S.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item