Perencanaan Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih Desa Manukaya Kabupaten Gianyar Bali.

Sartika, LindaDwi (2011) Perencanaan Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih Desa Manukaya Kabupaten Gianyar Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belum dimanfaatkan jaringan distribusi air bersih di Desa Manukaya, sehingga masyarakat memanfaatkan air sumber dengan cara mengambil air secara langsung ke sumber air yaitu sumber Serdayu. Permasalahannya, jarak daerah layanan ke sumber Seradayu yang agak jauh dan kondisi yang jalan ya ng agak curam yang menyebabkan pengambilan air secara manual langsung ke sumber menjadi kurang efektif. Oleh karena itu harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan distribusi air bersih sangatbesar sangat besar. Pemanfaatan dan pengembangan ini memberikan usulan alternatif penanganan serta merencanakan pengembangan system distribusi air bersih Desa Manukaya, dengan program Water Cad v. 8 pendistribusian air bersih ke daerah pelayanan menggunakan system gravitasi, dengan menggunakan bak penampung (tandon) yang dilengkapi dengan pompa penyuplai. Besarnya tekanan yang ada dalam pipa transmisi tergantung dari besarnya beda tinggi antara sumber air dengan daerah pelayanan. Bak Pelepas Tekanan diperlukan bila tekanan yang ada dalam pipa lebih dari 100 m. Disini tekanan air dalam pipa transmisi akan dilepas sehingga tekanan air akan menjadi sama dengan tinggi muka air dalam Bak Pelepas Tekanan. Besarnya kebutuhan air disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang dilayani. Perhitungan dilakukan dengan simulasi kondisi tidak permanen dimana kebutuhan air berubah sesuai dengan kebutuhan tiap jamnya. Berdasarkan hasil analisa, dapat dilihat bahwa sistem jaringan pipa dapat berjalan. Hal ini berdasarkan kondisi tekanan yang sudah sesuai dengan syarat perencanaan dan kondisi reservoir yang mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah studi. Dan dari hasil akhir simulasi didapatkan anggaran biaya pengerjaan untuk alternatif 1 sebesar Rp. 1.668.293.865.8 Alternatif 2 sebesar Rp. 1.661.057.752.3 n dan biaya operasional sebesar Rp. 1,714,410.00 /hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/397/ 051103785
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2011 10:13
Last Modified: 20 May 2022 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140903
[thumbnail of WIDHI SETYA WAHYUDHI.pdf] Text
WIDHI SETYA WAHYUDHI.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item