Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen Guna Menunjang Penerapan Lean Manufacturing dalam Mengatasi Chaotic Demand.

Ardianwiliandri, Raditya (2011) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen Guna Menunjang Penerapan Lean Manufacturing dalam Mengatasi Chaotic Demand. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. XYZ adalah perusahaan yang memproduksi mesin-mesin pertanian dan perlengkapan serta suku cadangnya. Salah satu jenis produk utama dari PT. XYZ adalah power tiller . Power tiller adalah jenis produk traktor tangan yang dihasilkan oleh PT.XYZ. Beberapa macam varian dari power tiller yang ada diantaranya adalah YST, Bromo, YST DX, dan YZC. Adanya berbagai varian power tiller yang ada menyebabkan perusahaan harus menyediakan berbagai produk tersebut pada suatu waktu tertentu. Sehingga, hal ini menyebabkan perusahaan harus melakukan persediaan produk jadi untuk masing-masing barang tersebut. Akan tetapi sering kali persediaan tersebut justru mengakibatkan waste berupa overproduction dan inventories bagi perusahaan akibat kurang tepatnya pengambilan keputusan mengenai jumlah yang harus diproduksi. Sehingga diperlukan suatu metode atau cara untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis identifikasi waste yang ada dengan konsep lean manufacturing terhadap permasalahan overproduction dan inventories waste untuk produk power tiller yang ada pada PT. XYZ yang bertujuan agar meminimalkan kerugian akibat waste tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan analisis strategi pemasaran melalui pendekatan perilaku konsumen yang dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada konsumen produk power tiller yang ada pada daerah penelitian agar dapat diketahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen dari produk power tiller yang nantinya dapat digunakan sebagai alat bantu bagi perusahaan dalam memahami perilaku dari konsumen sehingga dapat meminimalkan kesalahan pada pengambilan keputusan mengenai jumlah produksi, serta sebagai alat bantu dalam menganalisis strategi yang seharusnya dapat diterapkan dalam pemasaran dari produk power tiller pada PT. XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kebudayaan dan faktor sosial memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen dalam membeli power tiller dengan faktor pribadi dan faktor psikologi yang masih merupakan pertimbangan tersendiri bagi konsumen. Berdasarkan perencanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan melalui analisis SWOT, dapat diketahui strategi SO merupakan strategi yang perlu untuk dikembangkan oleh PT. XYZ. Selain itu, melalui analisis bauran pemasaran dapat diketahui bahwa kualitas merupakan hal terpenting dalam unsur produk dari power tiller pada PT. XYZ, sedangkan harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi minat beli konsumen pada daerah penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas lebih dipentingkan oleh konsumen dibandingkan dengan faktor harga. Selain itu, unsur tempat juga tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi minat beli konsumen pada daerah penelitian. Sedangkan pada unsur promosi, metode reward dan personal selling merupakan metode yang paling tepat untuk diterapkan pada produk power tiller yang ada pada PT. XYZ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/38/ 051100765
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Mar 2011 10:57
Last Modified: 06 Jul 2022 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140893
[thumbnail of RADITYA ARDIANWILIANDRI.pdf] Text
RADITYA ARDIANWILIANDRI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item