Implementasi Kontrol Hybrid (PID-Fuzzy) pada Sistem Konveyor Bertingkat dengan Gangguan Berat Beban,

LundeArdhenta (2011) Implementasi Kontrol Hybrid (PID-Fuzzy) pada Sistem Konveyor Bertingkat dengan Gangguan Berat Beban,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang industri saat ini semakin maju sehingga banyak bermunculan inovasi sistem yang beroperasi secara otomatis, di mana akan membawa manfaat dan kemudahan dalam kehidupan manusia. Sehingga muncul inovasi menggunakan kontroler Hybrid (gabungan kontrol PID dan kontrol Fuzzy) yang dapat memperbaiki respon kontrol sesuai dengan yang diharapkan. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian tentang konveyor sebagai salah satu alat yang sering digunakan di industri. Konveyor di industri digunakan untuk mengangkut bahan produksi yang akan diproses lebih lanjut atau mengangkut barang hasil produksi. Dalam dunia industri tidak sedikit yang memiliki jarak cukup jauh antara proses pengolahan yang satu dengan yang lainnya. Dengan alasan tersebut maka dibentuklah konveyor bertingkat yang bertujuan agar tidak mengurangi kinerja motor konveyor yang disebabkan beban yang menumpuk di awal konveyor. Selain itu dengan konveyor bertingkat apabila terjadi gangguan seperti salah satu konveyor tidak berfungsi maka konveyor tersebut akan berhenti otomatis sehingga tidak mengganggu proses produksi berlangsung. Sistem yang digunakan menggunakan kontrol Hybrid untuk masing-masing motor. Dengan aktuator berupa driver motor E-Mosfet dan sensor rotari sebagai umpan balik. Kemudian diproses dengan algoritma Hybrid pada mikrokontroler ATMega 16. proses tersebut membuat putaran dari motor selalu terkontrol sesuai dengan perintah yang telah ditentukan oleh mikrokontroler master. Master menggunakan mikrokontroler ATMega8535 dengan protokol komunikasi data untuk interkoneksi dengan slave mikrokontroler ATmega16. Hasil pengujian proses kontrol Hybrid pada masing-masing motor dengan sample rate sebesar 5 ms telah didapatkan parameter kontrol yang sesuai dengan karkateristik sistem dan memiliki 16 macam kecepatan yang berbeda. Pada pengujian konveyor dengan diimplemetasikan kontrol Hybrid menggunakan beban dengan berat yang berbeda-beda dengan batas yang ditentukan dengan beban maksimal pada konveyor sebesar 800gr. respon yang diberikan oleh motor terhadap beban pada konveyor memiliki overshoot dan undershoot lebih kecil daripada PID dan memiliki recovey time lebih baik daripada menggunakan Fuzzy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/37/ 051100764
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Mar 2011 10:41
Last Modified: 14 Mar 2011 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140885
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item