Pengaruh Perbesaran Diameter Elektroda Sela Udara terhadap Karakteristik volt-waktu pada Arester Tegangan Rendah.

Pradana, NikolasWindra (2011) Pengaruh Perbesaran Diameter Elektroda Sela Udara terhadap Karakteristik volt-waktu pada Arester Tegangan Rendah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan alat pelindung terhadap tegangan lebih surja petir telah menjadi suatu keharusan. Tegangan lebih pada peralatan listrik tegangan rendah dapat diamankan dengan menggunakan arester. Arester tegangan rendah untuk catu daya 220 V dapat berupa susunan elektroda sela udara yang sederhana dan mudah dalam rekayasanya. Oleh karena itu akan dibuat rekayasa sebuah arester sela udara dan tabung pembungkus yang terbuat dari resin yang digunakan sebagai pembungkus arester tersebut. Diharapkan skripsi ini dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam perancangan arester tegangan rendah untuk proteksi peralatan tegangan rendah. Tegangan tembus suatu susunan elektroda sela udara tidak hanya tergantung pada temperatur, tekanan dan jenis gas saja, tetapi juga pada ukuran geometris elektroda. Menurut W. Hauschild dan W. Mosch, dimensi elektroda dapat mempengaruhi tegangan tembus suatu susunan elektroda. Dalam hal ini adalah perubahan diameter elektroda. Dalam penelitian ini, elektroda sela udara akan dirancang dengan tiga perbesaran diameter kemudian disimulasikan dengan menggunakan FEMM 4.2. Hasil dari simulasi akan didapatkan jarak sela yang mampu memotong tegangan pada level tegangan yang diinginkan yaitu sebesar 2,5kV yang akan digunakan dalam perancangan dan pengujian elektroda sela udara. Dari hasil pengujian, akan dibandingkan dengan hasil simulasi dan kemudian dilakukan analisis probabilitas tembus dan v-t curve. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa elektroda sela udara dengan perbesaran diameter dapat memotong tegangan impuls sebesar 2,5 kV sesaat sebelum puncak impuls dengan jarak sela yang sama untuk setiap diameter elektroda yaitu 0,6mm. Semakin besar tegangan impuls yang terpotong, maka semakin cepat pula waktu potongnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/292/ 051103537
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2012 15:23
Last Modified: 22 Feb 2012 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140825
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item